Ganjar di Acara Hetero Fest Solo: Ingin Maju Beneran, Pasti Muncul Persoalan

Ari Purnomo - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 18:52 WIB
Ganjar Pranowo meninjau produk UMKM di Hetero Fest, Solo.
Ganjar Pranowo meninjau produk UMKM di Hetero Fest, Solo. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meresmikan Hetero Fest di Solo. Mengenakan kaus 'Dari Jawa Tengah untuk Indonesia', Ganjar bicara tentang peluang untuk maju bagi anak-anak muda.

Gelaran pameran produk UMKM ini diselenggarakan di Hetero Space yakni bekas kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR), di Jalan Urip Sumoharjo, Solo.

Usai meninjau produk UMKM Ganjar optimis, gelaran ini bisa mendorong munculnya startup baru di Indonesia.

"Hetero Fest saya berharap akan muncul anak muda yang kreatif, yang buat produknya bagus banget. Kalau ini dirawat akan memunculkan startup baru dari Indonesia," ujarnya kepada wartawan, Minggu (19/12/2021) sore.

Ganjar menambahkan, dengan adanya festival semacam ini bisa mengatasi sejumlah kendala yang biasa terjadi pada startup yakni permodalan.

"Hetero fest bisa menjadi lead, bisa kasih contoh berdiri dengan di depan. Kita lihat teman muda berusaha, tapi kan ada mundurnya, kepingin maju beneran, pasti muncul persoalan, biasanya order banyak terkendala modal," tuturnya.

"Sekarang ada kredit startup millennial, dari Bank Jateng. Dengan bunga 7 persen per tahun dengan cashback 5 persen jadi bunganya hanya 2 persen per tahun dan plafon 25 juta, wis gek ndang utang (lekas berhutang)," sambungnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, dengan adan gelaran semacam ini bisa meningkatkan kelas UMKM.

"Bisa naik kelas UMKM, dikasih ruang seperti tadi dan akses permodalan sudah lengkap semuanya. Awas, wis digawekne tapi ra dimanfaatkan (sudah dibuatkan tapi tidak dimanfaatkan)," urainya.

Gibran juga menyampaikan, selain hetero space Pemkot Solo juga sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produk UMKM.

"Kita juga sudah banyak membuat creative hub, seperti di Bank Mandiri, Bank Jateng, Shoppe ada. Di STP itu juga ramai sampai akhir tahun," pungkasnya. (mbr/mbr)