Tol Jakarta-Cikampek Macet, Petugas Terapkan Contraflow

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 17:44 WIB
Pengendara mobil melintas di jalur
Ilustrasi contraflow di Tol Jakarta-Cikampek. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Ruas Tol Jakarta-Cikampek tepatnya di Km 53 hingga Km 47 ke arah Jakarta mengalami kemacetan. Pihak Jasa Marga pun menerapkan sistem contraflow atau buka-tutup untuk mengurai kemacetan.

"Untuk mengurai kepadatan di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta, atas diskresi dari pihak Kepolisian, Jasa Marga berlakukan buka-tutup contraflow dari Km 53 hingga Km 47 Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," kata General Manager Representative Jasa Marga, Muhammad Taufik Akbar dalam keterangan resminya, Minggu (19/12/2021).

Diketahui, sistem buka-tutup mulai diterapkan sejak pukul 15.25 WIB. Taufik mengimbau para pengguna jalan tetap mengantisipasi kemungkinan terburuk yang dapat terjadi sewaktu mengemudi.

"Contraflow diberlakukan dari Km 53 hingga Km 47 arah Jakarta pada pukul 15.25 WIB. Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area," kata Taufik.

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan," imbuhnya.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/12), Tol Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ) sempat ditutup sementara. Penutupan dilakukan karena arus lalu lintas di tol layang macet.

"Informasinya tadi guna untuk mengurangi kepadatan untuk jalur atasnya karena sudah padat," ujar petugas call center Jasa Marga, Rina, saat dimintai konfirmasi, Sabtu (18/12).

Rina mengatakan kendaraan dialihkan ke jalur tol bawah. Akibatnya, jalur tol bawah juga mengalami kemacetan.

Lihat juga Video: Jalan Boulevard Grand Depok City Ambles, Contraflow Diberlakukan

[Gambas:Video 20detik]



(rak/dhn)