Nusron Wahid Apresiasi Airlangga Cek Lokasi Muktamar NU: Keluarga NU Tulen

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Des 2021 19:21 WIB
Nusron Wahid
Foto: Nusron Wahid (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) Nusron Wahid mengapresiasi langkah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang turun langsung mengecek lokasi Muktamar ke-34 NU di Lampung. Apalagi, sebelumnya Airlangga juga yang mengusulkan ke panitia agar Muktamar NU diselenggarakan tanggal 22-24 Desember, dari rencana semula tanggal 23-25 Desember.

"Langkah Pak Airlangga tepat. Pertanda bahwa beliau sangat peduli dan konsen terhadap NU. Sampai turun langsung sidak atas persiapan pelaksanaan Muktamar NU ke 34. Tanpa campur tangan beliau, Muktamar NU di Lampung dalam situasi ini sulit terlaksana. Beliau keluarga NU tulen," kata Nusron Wahid, Sabtu (18/13/2021).

Wakil Syuriah PWNU DKI Jakarta ini mengatakan, Airlangga sebagai keturunan Kyai Ageng Gribig Jatinom Klaten--seorang ulama penyebar agama Islam pada masa Sultan Agung Mataram-- memang mempunyai hubungan emosional yang sangat tinggi dengan NU.

"Beliau ingin memastikan agar Muktamar NU sukses, adem dan tidak ada satu pun aral melintang," ungkap Nusron.

Apa yang dilakukan Airlangga menurut Nusron juga sebagai bentuk tanggung jawab sebagai Komite Penanggulangan Covid dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCP PEN). Airlangga ingin memastikan jangan sampai ada hal-hal yang mengganggu jalannya pelaksanaan Muktamar.

"Ini pertanda pemimpin yang layak untuk diapresiasi. Mau turun langsung dan ngecek langsung agar Muktamar NU, benar-benar sesuai dengan keinginan umat dan warga NU. Aman, lancar dan sejuk. Jangan sampai ada kegaduhan," ujar Nusron.

Selain itu, lanjut Nusron, langkah Airlangga juga telah membuktikan sebagai warga NU sejati. Apalagi, banyak nahdliyyiin yang ada di Golkar sehingga sangat tepat ketika Airlangga menunjukkan kepedulian dan kedekatan pada NU. (hri/van)