Jalan Lintas Sumbar-Bengkulu di Pesisir Selatan Terputus Akibat Longsor

Antara - detikNews
Sabtu, 18 Des 2021 03:54 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Longsor terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) memutus akses jalan nasional yang menghubungkan provinsi Sumbar dengan Bengkulu. Warga diimbau berhati-hati saat kondisi hujan.

"Material longsor menutup akses jalan, sampai malam ini pengerjaan serta pembersihan terus dilakukan," kata Kepala Pelaksana BPBD Pesisir Selatan Doni Gusrizal saat dilansir Antara, Sabtu (18/12/2021).

Doni menyebutkan titik longsor itu terjadi di Luwung, Kecamatan Bayang, kemudian Batang Kapas Kecamatan Batang Kapas, dan Bukit Pulai Kecamatan Batang Kapas. Longsor terjadi pada Jumat (17/12) sore.

"Untuk membersihkan material longsor malam ini dikerahkan alat berat dari pemerintah kabupaten serta pemerintah provinsi," katanya.

Ia menerangkan bencana longsor itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB akibat curah hujan tinggi yang mengguyur daerah setempat sejak Jumat pagi.

Selain melumpuhkan akses jalan, longsor juga dilaporkan mendampak pada salah satu rumah warga di Lakitan Tengah, Lengayang.

BPBD tetap mengimbau warga agar tetap hati-hati berkendara dalam kondisi hujan, terutama ketika melintas di titik rawan longsor.

Pada bagian lain, banjir juga dilaporkan terjadi di lima titik kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan yakni Tapan, Batang Kapas, Lengayang, Silaut, dan Tarusan.

Banjir menggenangi permukiman warga dengan ketinggian rata-rata satu hingga dua meter, sedangkan di dalam rumah warga mencapai setengah meter.

Hingga pukul 19.30 WIB tim BPBD beserta insan kebencanaan masih di lokasi untuk memberikan pertolongan dan evakuasi, sementara itu hujan masih terus mengguyur kawasan setempat.

"Jadi sampai malam ini fokus kami adalah menyelamatkan serta mengevakuasi warga yang butuh evakuasi," kata Doni.

(rfs/rfs)