Ditangkap, Pencuri Duit Keluarga Pasien RS di Jakbar Eks Relawan COVID

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 16:04 WIB
Polisi tangkap pencuri uang keluarga pasien RS di Jakbar
Polisi menangkap pencuri uang keluarga pasien di masjid rumah sakit di Jakbar. (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap pelaku pencurian uang keluarga pasien yang tertidur di musala rumah sakit di Palmerah, Jakarta Barat. Pelaku pencurian tersebut, berinisial A (38), ternyata seorang mantan relawan ambulans terkait penanganan COVID-19.

"Jadi pelaku ini memang pekerjaan nggak jelas, kebetulan mantan relawan ambulans terkait penanganan Covid di Rumah Sakit Harapan Kita," ujar Wakasat Reskrim Polres Jakbar AKP Niko Purba dalam konferensi pers, Jumat (17/12/2021).

Selain itu, pelaku diketahui merupakan residivis. Polisi menyebut A pernah ditangkap karena kasus penjambretan.

"Tersangka inisial A tersangka ini juga residivis yang kebetulan tahun 2010 pernah diamankan juga oleh Subnit Jatanras terkait dugaan kasus (Pasal) 365 dan sudah menjalani hukuman," jelas Niko.

Niko menambahkan, pelaku melakukan aksinya seorang diri. Niko memastikan pelaku tidak memiliki komplotan.

"Dalam kejadian ini, memang tersangka hanya melakukan sendiri," sambungnya.

Pelaku ditangkap dini hari tadi oleh pihak kepolisian. Dia diciduk di kosan yang berlokasi di Pedongkelan, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Dari pelaku juga diamankan barang-barang milik korban yang diambil, baik itu KTP, SIM, buku tabungan, STNK, dan lain-lain," kata Niko.

Selain itu, polisi menyita sejumlah barang bukti, yaitu pakaian dan kendaraan pelaku yang dikenakan saat mencuri. Beberapa barang korban yang dicuri pelaku diantaranya tas, helm milik korban, kartu identitas korban dan kartu ATM milik korban.

Akibat perbuatannya, pelaku dikenai Pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal hukuman penjara selama 7 tahun. Kini pelaku ditahan di Mapolres Jakarta Barat.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.