Babak Baru Rachel Vennya Ngaku Suap Rp 40 Juta Tapi Tak Dipenjara

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 06:11 WIB
Terdakwa Rachel Vennya bersama kekasihnya Salim Nauderer saat menjalani sidang perdana terkait pelanggaran karantina di Pengadilan Negeri Tangerang, Tangerang, Jumat, (10/12).
Foto: Rachel Vennya (Palevi/detikcom)
Jakarta -

Pengakuan selebgram Rachel Vennya soal duit suap sebesar Rp 40 juta memasuki babak baru. Berkas kasus suap Rachel Vennya, yang diperantarai Ovelina Pratiwi, sudah di tangan kejaksaan.

Penyuapan yang dilakukan Rachel Vennya kepada Ovelina mendapat perhatian khusus dari Menko Polhukam Mahfud Md. Namun Mahfud menyebut uang yang diberikan Rachel Vennya bukan suap, melainkan pungutan liar alias pungli.

"Ya makanya saya singgung itu (suap Rachel Vennya) termasuk dari pungli, biar nanti diproses secara hukum. Kan ada hukumnya," kata Mahfud di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Mahfud memandang pungli Rachel Vennya perlu diusut. Tujuannya agar tidak menjadi kebiasaan.

"Jadi yang saya baca di pengadilan, itu pengakuannya: Saya (Rachel Vennya) bayar ke mbak ini Rp 40 juta, lalu disetor ke ASN suatu institusi itu sekian. Nanti saya mau sampaikan agar itu diusut, biar nggak biasa melakukan itu," terang Mahfud.

Polisi juga sudah merespons desakan pengusutan kasus suap Rachel Vennya. Polisi, dalam hal ini Polda Metro Jaya, menyebut kasus suap Rachel Vennya sudah diusut.

"Iya sudah itu (diusut). Dulu sudah dua berkas, cuma orang tahunya Rachel Vennya-nya aja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Didesak Usut Pungli Rp 40 Juta Ovelina ke Rachel Vennya, Ini Jawaban Polisi':

[Gambas:Video 20detik]