Kasus Omicron di Indonesia Diyakini Bukan Satu-satunya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 21:32 WIB
Female doctor holds a face mask with - Omicron variant text on it. Covid-19 new variant - Omicron. Omicron variant of coronavirus. SARS-CoV-2 variant of concern
Foto: Getty Images/iStockphoto/golibtolibov
Jakarta -

Varian Corona Omicron dinyatakan teridentifikasi di Indonesia. Seorang pekerja kebersihan di Wisma Atlet terjangkit Omicron. Namun, kasus Omicron di Indonesia diyakini bukan satu-satunya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin-lah yang mengumumkan langsung kasus pertama varian Omicron. Budi mulanya melaporkan adanya tiga orang yang positif COVID-19. Seorang di antaranya terkonfirmasi varian Omicron.

Pekerja tersebut dikabarkan tidak mengalami gejala. Ia dan dua rekannya sudah kembali menjalani tes PCR dengan hasil negatif.

"Mereka bertiga sudah dites PCR kembali. Tes PCR-nya sudah negatif," pungkas Menkes Budi, Kamis (16/12/2021).

Lalu Budi menyebut ada 5 kasus probable COVID-19 varian Omicron. Kemenkes masih meneliti temuan ini.

"Di luar pasien yang sudah terkonfirmasi positif ini, Kementerian Kesehatan juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron," kata Budi.

Budi menjelaskan dua kasus tersebut di antaranya merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan tiga orang lainnya WN China.

"Kita mendeteksi ada 5 kasus yang probable Omicron. Dua kasus adalah warga negara Indonesia yang baru kembali dari Amerika Serikat, dan Inggris. Kedua warga negara Indonesia ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet, tiga kasus probable lainnya adalah warga negara asing dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang diisolasi di karantina Manado," ujar Budi.