Hadir di Expo Dubai, Kemnaker Bawa Isu Masa Depan Tenaga Kerja RI

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 19:15 WIB
Paviliun Indonesia di Dubai Expo
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) turut hadir di ajang Expo 2020 Dubai yang berlangsung di Dubai, Persatuan Emirat Arab. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan keikutsertaan Kemnaker di ajang ini merupakan upaya dalam mendukung Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia.

"Kedatangan perwakilan Kemnaker di Expo 2020 Dubai ini untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai kekayaan, keragaman, dan potensi luar biasa sebagai kekuatan ekonomi dunia," kata ida dalam keterangan tertulis, Kamis (16/12/2021).

Lebih lanjut, Ida mengatakan dalam ajang Expo 2020 Dubai, pihaknya mengusung tema The Future of Indonesian Labour yang berarti Masa Depan Tenaga Kerja Indonesia.

"Melalui tema tersebut, kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kami memiliki sebuah potensi besar berupa sumber daya manusia (SDM)," ungkapnya.

Ida menjelaskan isu tersebut menjadi tema utama pihaknya karena Pemerintah Indonesia tengah menjadikan pembangunan SDM sebagai salah satu prioritas. Menurutnya, hal ini akan melengkapi potensi Indonesia untuk memiliki SDM dalam jumlah besar, yang berkualitas, berdaya saing, serta memiliki skema pembangunan SDM berkelanjutan.

"Oleh karenanya, potensi SDM ini harus ditonjolkan kepada dunia. Harapannya, potensi ini akan menarik minat dunia untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya investasi dalam pembangunan SDM," katanya.

Dalam ajang tersebut, Ida mengatakan, kegiatan utama delegasi Kemnaker di antaranya adalah pameran di Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai, Business Forum. Hal ini mencakup Investment Meeting dan Business Meeting, sejumlah kegiatan di Outdoor dan Indoor Area, serta Teater.

"Sebagaimana yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo, kami ingin menunjukkan Indonesia sebagai The Land of Diversity. Negara yang memiliki kekayaan dan keragaman, negara yang membuka peluang dan kesempatan baru, serta negara akan terus berinovasi untuk generasi yang akan datang," pungkasnya.

(ncm/ega)