Sungai Batang Toru Meluap, Permukiman di Tapsel Terendam Banjir

Antara - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 14:33 WIB
Banjir di Tapsel (Antara)
Banjir di Tapsel (Antara)
Tapanuli Selatan -

Banjir merendam permukiman di Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut). Banjir dipicu luapan air Sungai Batang Toru.

Dilansir dari Antara, Kamis (16/12/2021), banjir terjadi di Dusun II Muara Pardomuan dan Dusun III Setia Budi atau Kampung Sibara-bara, Desa Simataniari, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan.

"Air mulai naik dan merendam rumah-rumah warga mulai subuh tadi, sekarang ketinggian air ada yang sudah mencapai satu meter," kata Kepala Desa Simataniari Habibullah Harahap.

Selain itu, sekolah SD Negeri Tindoan Laut dan SMP Negeri 2 di daerah itu terendam. Akibatnya, aktivitas belajar mengajar ditiadakan.

"Alhamdulillah, hingga saat ini dilaporkan tidak ada korban. Hanya air semakin naik. Cuaca juga sedikit cerah panas, kecuali malam tadi ada hujan," jelasnya.

Dia mengatakan air yang merendam wilayah tersebut berasal dari luapan Sungai Batang Toru dan Sungai Sangkunur.

"Kita juga sudah infokan pagi ini ke pihak BPBD dan Pak Camat," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Utara mengingatkan Tapanuli Selatan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Potensi cuaca ekstrem itu dapat terjadi seperti di wilayah Muara Batang Toru, Batang Toru, Angkola Barat, Marancar, Sipirok, dan Angkola Timur yang sejumlah besar berlokasi di hulu Angkola Sangkunur, yang saat ini mengalami banjir.

(haf/haf)