ADVERTISEMENT

Kebakaran Landa Permukiman Padat di Balikpapan, Ratusan Rumah Terdampak

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 20:40 WIB
Tangkapan layar kebakaran yang terjadi di kawasan padat penduduk di Balikpapan (Istimewa)
Foto: Tangkapan layar kebakaran yang terjadi di kawasan padat penduduk di Balikpapan. (Istimewa)
Balikpapan -

Kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk di wilayah Jalan Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam musibah itu sedikitnya ratusan rumah warga terdampak.

"Data sementara rumah yang terbakar belum dapat kami pastikan, namun perkiraan ada ratusan rumah yang terdampak dalam musibah ini," ucap Kepala BPBD Balikpapan Suseno saat dihubungi, Rabu (13/12/2021).

Selain itu, dari data laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, sebanyak 670 jiwa dari 223 kepala keluarga yang tersebar di tiga RT, yakni RT 44, RT 45, dan RT 47, terdampak kebakaran itu.

"Total ada 670 jiwa yang terdampak di kawasan itu yang tersebar di 3 RT," papar Suseno.

Suseno menerangkan kobaran api terjadi pada pukul 12.40 Wita. Api disinyalir berasal dari salah satu rumah warga yang ditinggalkan pemiliknya dalam kondisi listrik masih menyala.

"Dugaan sementara, konseling listrik, dari rumah yang di tinggalkan penghuninya, namun lebih jelas masih menunggu hasil penyelidikan pihak polisi," bebernya.

Tidak terdapat korban jiwa dalam musibah itu. Pihak pemadaman baru dapat memadamkan api sekitar pukul 13.30 Wita.

"Saat proses pemadaman, anggota pemadam kesulitan lantaran sulitnya akses masuk, dan ditambah kondisi angin yang cukup kencang," jelasnya.

Sementara itu, pihak BPBD dan relawan berencana mendirikan posko bagi para korban di area apartemen tak jauh dari lokasi kebakaran.

(mae/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT