Usai Direnovasi, Museum Pegadaian Sukabumi Kini Berkonsep Digital

Atta Kharisma - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 16:48 WIB
Museum Pegdaian Sukabumi resmi dibuka.
Foto: Pegadaian
Jakarta -

PT Pegadaian meresmikan pembukaan kembali Museum Pegadaian di Sukabumi sebagai sarana edukasi sejarah lembaga keuangan sejak dini bagi anak-anak dan pelajar. Mengusung tema 'The Golden Journey', museum yang sudah berdiri sejak 2010 ini menceritakan tentang jejak keemasan Pegadaian dari zaman dulu hingga sekarang.

Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto mengatakan museum tersebut sebenarnya sudah berdiri sejak 2010. Namun kini telah dilakukan renovasi ini dan dilengkapi dengan konsep digital. Dengan begitu, pengunjung yang datang akan mendapatkan pengalaman baru saat datang ke Museum Pegadaian.

"Sejalan dengan transformasi digital yang dilakukan oleh Pegadaian, cagar budaya yang dimiliki oleh Pegadaian ini juga ikut dilengkapi dengan sistem teknologi yang dapat memberikan pengalaman seru dan menarik bagi pengunjung," ucap Kuswiyoto dalam keterangan tertulis, Rabu (15/12/2021).

Dalam museum baru ini, pengunjung dapat melihat alat kerja Pegadaian yang digunakan di masa lalu, seperti brankas besi untuk menyimpan uang, lemari tempat penyimpanan emas, lemari arsip, sepeda, mesin tik, jam mekanis, dan cap kuno untuk keperluan administrasi.

Selain itu Juga terdapat barang unik yang dijadikan sebagai jaminan, mulai dari kain tradisional, barang antik, dan benda berharga lainnya yang berasal dari pegadaian di berbagai kota, seperti Purwokerto, Yogyakarta, Bantul, dan Temanggung.

Museum Pegadaian juga dilengkapi program interaktif, dimana pengunjung bisa mendapatkan informasi dengan cara digital yang mengasyikkan. Ada interactive greeting, interactive floor, serta mesin canggih yang dapat memperkenalkan berbagai produk dan layanan Pegadaian secara digital. Bahkan pengunjung juga bisa menjelajah kota Sukabumi secara virtual.

"Museum ini sangat ramah anak dan disabilitas. Ada taman bermain anak dilengkapi kolam dan gazebo, agar pengunjung bisa bersantai bersama keluarga. Dan bagi pengunjung suka berswafoto, kami juga siapkan Mural 3D corner yang sangat menarik dan instagramable," terang Kuswiyoto.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi menyambut baik peresmian Museum Pegadaian tersebut. Ia menegaskan Pemkot Sukabumi akan mengoptimalkan potensi wisata museum menjadi wisata sejarah andalan, mengingat hanya terdapat dua museum di Sukabumi yakni Museum Prabu Siliwangi dan Museum Pegadaian.

"Museum ini dapat dimanfaatkan sebagai potensi wisata Kota Sukabumi. Ke depan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) dan dan The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) akan membuat desain wisata Kota Sukabumi berbasis museum. Ke depannya museum akan jadi kebanggaan kota, Jabar dan Indonesia," jelasnya.

Setiap harinya, 50 pengunjung pertama akan mendapatkan kopi gratis dari The Gade Cafe & Gold hingga 31 Desember 2021. Museum Pegadaian mulai beroperasi dari Senin 13 Desember 2021, dan dibuka dari Jam 08.00 - 17.00 WIB.

Acara peresmian yang digelar Senin lalu itu dihadiri langsung oleh Komisaris Utama PT Pegadaian, Loto Srinaita Ginting, Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto, Wali Kota Sukabumi H Achmad Fahmi, dan Direktur Utama Balai Pustaka Achmad Fachroji.

(fhs/ega)