Syarat Perjalanan Keluar Daerah Saat Natal dan Tahun Baru 2022, Apa Saja?

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 17:10 WIB
Syarat Perjalanan Keluar Daerah Saat Natal dan Tahun Baru 2022, Apa Saja?
Syarat Perjalanan Keluar Daerah Saat Natal dan Tahun Baru 2022, Apa Saja? (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Syarat perjalanan keluar daerah saat Natal dan Tahun Baru 2022 penting untuk diketahui. Terutama bagi yang berencana melakukan perjalanan keluar daerah saat libur Nataru.

Baru ini pemerintah mengeluarkan Addendum Surat Edaran nomor 24 tahun 2021 tentang pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 22 dalam masa pandemi Covid-19. Dengan dikeluarkannya Addendum SE ini, maka SE nomor 22 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi Covid-19 sudah tidak berlaku lagi.

Lalu, apa saja syarat perjalanan keluar daerah saat Natal dan Tahun Baru 2022? Berikut informasi yang sudah kami rangkum.

Syarat Perjalanan Keluar Daerah Saat Natal dan Tahun Baru 2022

Aturan mengenai syarat perjalanan keluar daerah saat Natal dan Tahun Baru 2022 ini berlaku mulai 24 Desember hingga 2 Januari mendatang.

Adapun syarat perjalanan keluar daerah saat Natal dan Tahun Baru 2022 seperti dilansir dari Addendum SE nomor 24 tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Dalam hal pelaku perjalanan usia dewasa (di atas 17 tahun) tidak vaksin dosis lengkap karena alasan medis maupun belum mendapatkan vaksin dosis lengkap maka mobilitasnya dibatasi untuk sementara
  2. Pelaku perjalanan jarak jauh dengan seluruh moda transportasi wajib menunjukkan kartu vaksin lengkap (vaksinasi dosis kedua) dan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan

Namun, ketentuan dua poin di atas dikecualikan untuk:

  • Perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum, dan kereta api dalam satu wilayah/kawasan aglomerasi perkotaan
  • Moda transportasi perintis termasuk di wilayah perbatasan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dan pelayaran terbatas

Syarat Perjalanan Keluar Daerah Saat Natal dan Tahun Baru 2022 untuk Kendaraan Logistik

Addendum SE nomor 24 tahun 2021 juga mengatur tentang syarat perjalanan kendaraan logistik selama libur Nataru untuk daerah Jawa Bali dan luar Jawa Bali. Khusus perjalanan kendaraan logistik dan trasportasi barang lainnya yang melakukan perjalanan dalam negeri berlaku ketentuan sebagai berikut:

Wilayah Jawa Bali:

  • Wajib menunjukkan kartu vaksin dosis lengkap dan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 14 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Wajib menunjukkan kartu vaksin dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 7 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan apabila belum mendapatkan vaksinasi.

Wilayah Luar Jawa Bali:

  • Wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan serta dikecualikan dari ketentuan menunjukkan kartu vaksin.

Lalu bagaimana syarat perjalanan keluar daerah saat Natal dan Tahun Baru 2022 bagi anak di bawah 12 tahun? simak di halaman selanjutnya.