Kemenkumham Periksa Plh Kalapas Tangerang Buntut Napi Kabur

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 13 Des 2021 16:18 WIB
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika-detik)
Ilustrasi napi/tahanan kabur (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Seorang narapidana (napi) narkoba Lapas Kelas IA Tangerang berinisial A kabur usai diberikan izin untuk kegiatan pembinaan pekerjaan. Buntut kejadian itu, Plh Kalapas Kelas IA Tangerang Nirhono Jatkomoadi kini diperiksa Inspektorat Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Kalapas diperiksa. Bukan cuma Kalapas, semua pejabat Lapas Kelas I Tangerang diperiksa," ujar Kabag Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Erif mengatakan semua petugas lapas di Lapas Kelas I Tangerang diperiksa seusai kejadian tersebut. Sejumlah napi yang diketahui juga ikut keluar bersama A kala itu juga turut diperiksa.

"Petugas piket diperiksa petugas jaga diperiksa petugas yang kawal mereka diperiksa. Kalapas diperiksa. Banyak. Semua petugas untuk mencari tau kejadian tersebut. Napi juga diperiksa. Tentu napi yang ikut keluar. Izin keluar-masuk itu ditanya," terang Erif.

Sebelumnya, Kakanwil Kemenkumham Banten, Agus Toyib, menegaskan seorang napi narkoba kabur bukan dengan cara melompat tembok Lapas Tangerang. Napi tersebut, kata dia, sempat izin keluar dari lapas.

"Jadi bukan kabur dari dalam lompat tembok, tapi napi ini ada proses izin keluar. Kemudian, saat berada di luar itu lari begitu saja," kata Agus kepada wartawan saat dimintai konfirmasi, Minggu (12/12).

Napi narkoba tersebut diketahui keluar dari Lapas Tangerang sejak Rabu (8/12). Napi itu memang mendapatkan izin keluar dari lapas untuk pembinaan kegiatan kerja.

"Dia pembinaan kegiatan kerja. Izin untuk kegiatan kerja," kata Pelaksana Harian Kepala Lapas Kelas IA Tangerang Nirhono Jatmokoadi.

Lihat juga Video: 38 Napi Tewas dalam Insiden Kebakaran Penjara di Burundi

[Gambas:Video 20detik]




(rak/idn)