Napi Narkoba Kabur, Sistem Pengamanan di Lapas Tangerang Disorot

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 13 Des 2021 08:59 WIB
Ilustrasi Napi di Penjara
Ilustrasi penjara (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Tangerang -

Kaburnya narapidana kasus narkoba inisial A di Lapas Tangerang bukan kali pertama terjadi di lapas itu. LBH Keadilan meminta Kementerian Hukum dan HAM melakukan audit sistem pengamanan di lapas itu termasuk evaluasi menyeluruh di lapas lain.

"September tahun lalu di lapas yang sama ada juga napi yang kabur dengan melewati gorong-gorong. Ini sudah menjadi kejadian luar biasa, setiap tahun ada saja yang kabur. Kami meminta Menteri Hukum dan HAM melakukan audit tata kelola pemasyarakatan, sistem pengamanan lapas-lapas harus dievaluasi," kata Ketua Pengurus LBH Keadilan Abdul Hamim Jauzie di Tangerang, Senin (13/12/2021).

Ia mempertanyakan apakah memang ada unsur kesengajaan atau kelalaian dari petugas di penjara tersebut. LBH menilai perlu ada personel pengamanan yang ditambah karena juga tidak sebanding dengan jumlah napi di lapas.

"Hal ini tidak berlebihan, mengingat belum lama peristiwa terkait tata kelola pemasyarakatan juga terjadi di lapas yang sama. Sekali lagi, copot mereka sebagai bentuk pertanggungjawaban pimpinan," ujarnya.

Kakanwil Kemenkum HAM Banten Agus Toyib mengatakan napi A kabur di tempat cucian mobil lapas. A memang bekerja di tempat cucian itu.

"Iya lagi bekerja di situ (steam mobil). Adanya kan di pelataran lapas, tentunya punya lapas," kata Agus pada Minggu (12/12) kemarin.

Si napi juga izin keluar pada petugas yang berjaga. Ia malah langsung kabur melarikan diri.

"Iya diizinkan keluar kemudian lari gitu. Iya dari situ keluar di pintu pencucian mobil lari gitu. Jadi bukan kabur dari dalam lompat tembok, tapi napi ini ada proses izin keluar kemudian saat berada di luar lari gitu saja," ujar Agus

Lihat juga video 'Napi Kabur Selama 3,5 Tahun, Ditangkap Saat Mudik Lebaran':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/bbn)