MKD DPR soal Isu Mulan Jameela Tak Karantina: Jangan Katanya-katanya

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 13 Des 2021 11:45 WIB
mulan jameela  anggota dpr priode 2019- 2024
Anggota DPR RI Mulan Jameela (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom).
Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela, dikabarkan tak karantina usai pulang dari Turki. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI menyebut jangan termakan informasi yang 'katanya-katanya'.

"Jangan termakan berita nggak jelas, Pak Adam bilang dia dapat info bahwa ada yang melihat Bu Mulan di PIM, pertanyaannya siapa orang itu? Dia kan cuma kasih info katanya-katanya," kata Wakil Ketua MKD DPR RI, Nazarudin Dek Gam kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

"Siapa yang melihat Bu Mulan saat itu? Kita nggak boleh dong inikan katanya-katanya. Kita jangan mudah juga termakan info tidak jelas seperti itu," imbuhnya.

Menurut Dek Gam, mudah untuk melacak riwayat perjalanan Mulan Jameela melalui aplikasi PeduliLindungi masuk ke salah satu mal di Jakarta Selatan. Mulan Jameela bersama keluarga dikabarkan tak karantina dan pergi ke salah satu mal.

"Dalam hal ini MKD tidak bisa berbuat terlalu banyak, karena yang pertama itu kan baru katanya-katanya, siapa yang melihat Bu Mulan di PIM? Mana orangnya? Kalau memang ada lapor kepada kami, baru kami akan melakukan tugas fungsi MKD itu," ujar Dek Gam.

Saat ini, menurut Dek Gam, MKD DPR belum mengklarifikasi ke Mulan Jameela soal kabar tak karantina. Sebab, informasi tersebut masih simpang siur.

"Nggak perlu (klarifikasi), kan baru katanya-katanya," kata Dek Gam.

Berbeda kasus misalnya dengan anggota DPR RI Fraksi NasDem, Rudi Hartono Bangun, yang mobilnya viral parkir di lokasi khusus disabilitas. Dalam kasus itu, sopir Rudi secara jelas dan terbukti parkir di tempat tak semestinya.

Sementara itu, soal kabar Mulan Jameela tak karantina belum jelas informasi dan buktinya. Oleh sebab itu jika ada pihak yang melihat anggota Fraksi Gerindra itu, Dek Gam mengatakan lebih baik melapor ke MKD DPR RI.

"Tapi kalau dalam hal Mbak Mulan ini, kan baru katanya-katanya, katanya ada ibu-ibu melihat, siapa ibu itu? Kapan melihatnya? Jangan-jangan bukan Ibu Mulan lagi. Kalau benar itu Mulan kita akan minta klarifikasi," imbuhnya.

Isu Tak Karantina

Untuk diketahui, isu Ahmad Dhani dan keluarga tak menjalani karantina ramai karena unggahan Adam Deni. Inti dari unggahan Adam Deni adalah ada seorang yang mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani di Turki pada 2 Desember.

Dia kemudian pulang ke Tanah Air pada 5 Desember namun dia mengaku mendapat informasi bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela terlihat di sebuah mal di Jakarta pada 9 Desember 2021. Adam Deni, yang mengunggah tangkapan layar cerita seorang netizen kepadanya ini, bertanya apakah Ahmad Dhani dan keluarga tidak menjalani karantina.