Pengacara: Ahmad Dhani-Keluarga Nggak Jalan-jalan ke Mal Usai dari Turki

Gibran - detikNews
Senin, 13 Des 2021 10:24 WIB
Ahmad Dhani saat tampil di kediamannya di Pondok Indah.
Ahmad Dhani (Foto: Palevi S/detikFoto).
Jakarta -

Pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, menegaskan kliennya dan keluarga, termasuk anggota DPR RI Mulan Jameela, tidak jalan-jalan ke mal usai pulang dari Turki. Ali Lubis menyebut riwayat perjalanan Ahmad Dhani bisa dicek di aplikasi PeduliLindungi.

"Perlu saya sampaikan bahwa tidak benar pada tanggal 9 Desember 2021 sebagaimana apa yang disampaikan oleh netizen di media sosial, yang katanya keluarga Ahmad Dhani jalan-jalan di salah satu mal setelah pulang dari Turki itu tidak benar sama sekali," kata Ali Lubis saat dikonfirmasi, Senin (13/12/2021).

"Karena hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat dan mengecek langsung riwayat perjalanan di aplikasi PeduliLindungi milik mereka pada tanggal tersebut," imbuhnya.

Untuk diketahui, isu Ahmad Dhani dan keluarga tak menjalani karantina ramai karena unggahan Adam Deni. Inti dari unggahan Adam Deni adalah ada seorang yang mengaku bertemu keluarga Ahmad Dhani di Turki pada 2 Desember. Dia kemudian pulang ke Tanah Air pada 5 Desember namun dia mengaku mendapat informasi bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela terlihat di sebuah mal di Jakarta pada 9 Desember 2021. Adam Deni, yang mengunggah tangkapan layar cerita seorang netizen kepadanya ini, bertanya apakah Ahmad Dhani dan keluarga tidak menjalani karantina.

Ali Lubis menyebut informasi Ahmad Dhani ke mal pada 9 Desember hanya 'katanya-katanya'. Ali Lubis berharap tidak ada fitnah yang tersebar untuk keluarga Ahmad Dhani.

"Si netizen juga tidak menyebut bahwa dia melihat Bu Mulan di PIM, dia sebut hanya info 'katanya-katanya'. Hari gini baiknya kita jangan ikut sebarkan fitnah," kata Ali Lubis.

Respons Satgas

Terkait isu Ahmad Dhani dan keluarga tidak menjalani karantina, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyinggung potensi kasus impor varian Omicron dari luar negeri. Dia menegaskan pelaku perjalanan luar negeri harus menaati peraturan karantina.

"Pada saat pandemi Covid, apalagi adanya potensi ancaman imported case varian Omicron dari LN, seluruh pelaku perjalanan internasional harus menjalani peraturan skrining tes dan karantina selama 10x24 jam," kata Wiku.

Aturan karantina bagi pelaku perjalanan internasional itu tertuang dalam Addendum Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Simak video 'Bantahan Pihak Ahmad Dhani soal Tudingan Tak Lakukan Karantina':

[Gambas:Video 20detik]