ADVERTISEMENT

Faldo Jelaskan soal Jokowi Jawab Langsung Kritik Anwar Abbas di Acara MUI

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 10:22 WIB
Jokowi dalam acara pembukaan Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI (Muchlis Jr - Biropers Setpres)
Presiden Jokowi dalam acara pembukaan Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI (Muchlis Jr - Biropers Setpres)
Jakarta -

Momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak membaca bahan sambutan dan menjawab langsung kritik Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas soal ketimpangan ekonomi menuai perhatian. Stafsus Mensesneg, Faldo Maldini, menanggapi hal itu dengan berbicara tentang perhatian Jokowi terhadap persoalan ekonomi.

"Pemerintah, Presiden dalam hal ini, punya kejengkelan yang sama dengan kita semua, termasuk MUI. Persoalan yang sudah mengakar lama sedang berupaya diselesaikan satu per satu. Komitmen pemerintah sudah sangat jelas dalam pidato Presiden. Tinggal kita jalan bersama dengan penuh komitmen pula," kata Faldo kepada wartawan, Sabtu (11/12/2021).

Faldo menjelaskan pemerintah sudah melakukan beragam upaya untuk menangani masalah ketimpangan. Menurut Faldo, apa yang disampaikan Jokowi di acara MUI kemarin sudah sangat jelas.

"Presiden jelaskan semuanya secara detail. Upaya yang dilakukan sudah sangat banyak. Berbagai strategi sudah ditempuh untuk menyelesaikan persoalan ketimpangan dan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Mekaar itu satu program, kalau disebut semua tidak cukup itu waktu acaranya," ujar Faldo.

Mekaar yang dimaksudnya ialah Permodalan Nasional Madani Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar), yang merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha.

Selain itu, Faldo berbicara mengenai Jokowi yang terbuka untuk dikritik. Keterbukaan itu, kata Faldo, menandakan bahwa Jokowi sudah banyak bekerja untuk rakyat.

"Yang tidak kerja takut dikritik. Presiden Jokowi mau dikritik langsung tidak soal. Beliau sudah banyak berupaya. Masalah hasilnya, tentu selalu jadi perdebatan. Ada yang sudah puas, ada yang belum. Tugas negara memastikan keadilan untuk semua. Siapa pun tidak mungkin senangkan semua orang," imbuh Faldo.

Jokowi Jawab Kritik Anwar Abbas

Sebelumnya, Jokowi sengaja tak membaca bahan sambutan yang sudah disiapkan di acara pembukaan Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI. Jokowi memilih menjawab kritik dari Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas yang disampaikan di sambutan sebelum dirinya.

"Tadi saya disiapkan bahan sambutan seperti ini banyaknya. Tapi, setelah saya mendengar tadi Dr Buya Anwar Abbas menyampaikan, saya nggak jadi juga pegang ini. Saya akan jawab apa yang sudah disampaikan oleh Dr Buya Anwar Abbas. Akan lebih baik menurut saya di dalam forum yang sangat baik ini," kata Jokowi dalam acara pembukaan Kongres Ekonomi Umat Islam II MUI seperti disiarkan di akun YouTube MUI, Jumat (10/12).

Simak Video 'Saat Jokowi Tak Baca Bahan Sambutan dan Langsung Jawab Kritik Anwar Abbas':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT