Massa Demo Bubar, Lalu Lintas di Patung Kuda Kembali Dibuka

Kadek Melda Luxiana, Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 17:59 WIB
Demo bubar, lalu lintas di Jl Medan Merdeka ke Istana dibuka lagi
Demo bubar, lalu lintas di Jl Medan Merdeka ke Istana dibuka lagi. (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Massa demo buruh dan mahasiswa di Patung Kuda, Jakarta, membubarkan diri sore ini. Ruas Jalan Medan Merdeka Barat kini telah dibuka kembali.

Pantauan detikcom, massa buruh dan mahasiswa menutup demo dengan membacakan tuntutan aksi pada pukul 17.00 WIB. Massa seluruhnya bubar pada pukul 17.10 WIB.

Tampak petugas segera membuka kawat berduri, menyusul massa aksi yang mulai bubar. Petugas kebersihan turut membersihkan sampah yang berserakan.

Kendaraan taktis petugas mulai dipindahkan. Personel yang berjaga mulai ditarik kembali.

Jalan Merdeka Barat sudah steril dari massa demo dan kini mulai dilalui kendaraan. Tampak lalu lintas di sekitar Patung Kuda ramai lancar.

Sebelumnya, massa demo terbagi ke dalam beberapa titik di sekitar Patung Kuda. Di antaranya 3 titik mahasiswa, 2 titik buruh, dan 1 titik masyarakat sipil.

Demo dilakukan pada waktu bersamaan sehingga membuat kawasan Patung Kuda macet. Setelah massa KSBSI yang demo lebih awal, massa KASBI datang belakangan.

Massa KASBI terpantau datang sekitar pukul 16.30 WIB. Di sisi lain, terlihat massa Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBI) mulai membubarkan diri.

Massa KASBI tampak menggunakan atribut serba merah. Mereka tampak duduk dan berbaris sambil mendengarkan orasi yang berkaitan dengan HAM Sedunia Jumat (10/12/2021).

"Di hari HAM yang seharusnya kita dapat HAM seutuhnya, tetapi lagi dan lagi kita tidak diberikan hak untuk menyampaikan pendapat. Saya meminta untuk kawan-kawan masa aksi untuk menjadi satu dan berdiri," kata salah seorang orator di atas mobil komando.

Tidak lama kemudian, massa KASBI juga membubarkan diri bersama massa dari elemen mahasiswa. Saat ini lalu lintas di lokasi mulai macet karena banyaknya pengendara yang pulang kerja.

(mea/mea)