ADVERTISEMENT

Sempat Terbakar, Begini Rentetan Persoalan Lift Gedung Nusantara I DPR

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 16:31 WIB
Lift Gedung Nusantara I DPR Anjlok
Lift anjlok Gedung Nusantara I DPR (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Lift di gedung DPR anjlok dan membuat seorang anggota DPR Fraksi Gerindra Dorari Wonodipuro sempat terjebak. Ini bukan pertama kali lift di DPR RI bermasalah.

Peristiwa Darori terjebak di lift DPR terjadi pada Jumat (10/12/2021) pukul 13.00 WIB tepatnya di lift P3, Nusantara I, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Selain Darori, ada stafnya dan petugas pamdal yang terjebak dalam lift tersebut.

Selain anjlok, lift DPR pernah terbakar. Berikut rangkumannya:

29 September 2020

Lift di gedung Nusantara I DPR RI pernah terbakar pada Rabu (29/9/2020) hingga menimbulkan asap di gedung tersebut. Asap dari kebakaran itu bahkan sampai ke lantai-lantai anggota DPR di gedung Nusantara I DPR. Pukul 11.20 WIB, situasi sudah berangsur normal. Lift di Nusantara I juga sudah bisa digunakan lagi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar menjelaskan asap muncul dari proyek elevator atau lift.

"Itu ada tumpukan kabel yang terciprat alat las sehingga menimbulkan asap," ujar Indra kepada detikcom, Rabu (30/9).

19 Januari 2021

Selanjutnya, lift di DPR juga pernah macet pada 19 Januari 2021 pukul 13.45 WIB. Saat itu, anggota DPR fraksi PPP Achmad Baidowi sempat terjebak 14 menit dalam lift. Dia terjebak bersama enam staf DPR RI.

"Kami terjebak di lift lantai 10. Ini gedung DPR, Bos. Jadi, kalau dibilang, itu ya memang liftnya selalu macet. Ini kami sudah terjebak selama 5 menit di lift DPR. Lift nomor 2 lantai 10 ini bersama dengan beberapa staf di DPR," kata Awiek kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

Awiek terjebak di lift dua di gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta. Menurutnya, lift gedung DPR tersebut sudah sering macet.

"Dan ternyata ini bukan kejadian hari ini saja. Sering. Dan hari ini sudah tiga lift yang mengalami hal yang serupa. Jadi, kalau ada renovasi di DPR, itu bukan mengada-ada, tapi keselamatan," ujarnya.

Menurut Awiek, ia baru dievakuasi pada pukul 13.59 WIB. Awiek bersama staf lainnya sempat terjebak di lift gedung DPR itu selama 14 menit. Mereka dievakuasi di lantai 10 gedung Nusantara I DPR.

10 Desember 2021

Kejadian yang sama terjadi lagi pada 10 Desember 2021. Lift DPR mendadak berhenti di Lantai 13, Nusantara I, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Lift itu mengangkut 3 orang, termasuk anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Darori Wonodipuro.

Peristiwa itu terjadi pada pukul 13.00 WIB. Sekjen DPR RI Indra Iskandar menyebut lift yang mendadak berhenti itu merupakan lift P3.

"Anggota naik dari lantai 21 lift berjalan normal namun di lantai 13 terjadi trip inverter, sehingga lift berhenti dan tidak level (naik)," kata Indra kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

Indra menyebut lift DPR tertahan sekitar 3 menit hingga akhirnya bisa dibuka secara paksa oleh beberapa petugas. Indra menegaskan lift itu sudah bersertifikasi.

"Info dari pamdal yang mendampingi di dalam lift kisaran selama kurang-lebih 3 menit. Lift sudah bersertifikat laik fungsi dari Menakertrans," ujarnya.

Indra mengatakan pihaknya sudah melakukan inspeksi terhadap inverter lift DPR tersebut. Hal itu guna mengantisipasi kejadian serupa.

"Sementara sudah dilakukan inspeksi terhadap inverter lift dimaksud dan antisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa," ujarnya.

(eva/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT