ADVERTISEMENT

Anggotanya Terjebak di Lift DPR Lantai 13, Gerindra Colek BURT-Kesetjenan

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 15:46 WIB
Lift Gedung Nusantara I DPR Anjlok
Lift gedung DPR anjlok. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota DPR Fraksi Gerindra Darori Wonodipuro sempat terjebak dalam lift yang mendadak berhenti di lantai 13 gedung DPR. Waketum Gerindra Habiburokhman meminta hal itu menjadi perhatian.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (10/12/2021) pukul 13.00 WIB. Lift yang mendadak berhenti itu bernomor P3 di Nusantara I, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Anggota DPR yang terjebak adalah Darori, anggota Komisi IV Fraksi Gerindra. Kondisi Darori selamat.

"Itu sahabat saya Pak Darori Komisi IV Gerindra, terjebak di lift Nusantara. Alhamdulillah beliau selamat dan sehat," kata Habiburokhman.

Habiburokhman mengatakan peristiwa ini harus jadi perhatian bagi Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR. Sebab, dia menyebut, permasalahan terkait lift bukan baru sekali terjadi.

"Ini harus menjadi perhatian rekan-rekan BURT dan Kesekjenan. Saya sendiri sudah sejak pandemi jarang naik ke lantai 17, karena liftnya memang terasa goyang-goyang," ujarnya.

Kronologi Legislator Gerindra Terjebak

Darori terjebak bersama seorang staf dan pamdal. Sekjen DPR Indra Iskandar mengatakan awalnya lift itu akan turun dari lantai 21, tapi berhenti mendadak di lantai 13.

"Anggota naik dari lantai 21 lift berjalan normal, namun di lantai 13 terjadi trip inverter, sehingga lift berhenti dan tidak level (naik)," kata Indra kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

Indra menyebut lift DPR tertahan sekitar 3 menit hingga akhirnya bisa dibuka secara paksa oleh beberapa petugas. Indra menegaskan lift itu sudah bersertifikasi.

"Info dari pamdal yang mendampingi di dalam lift, kisaran selama kurang-lebih 3 menit. Lift sudah bersertifikat laik fungsi dari Menakertrans," ujarnya.

Indra mengatakan pihaknya sudah melakukan inspeksi terhadap inverter lift DPR tersebut. Hal itu guna mengantisipasi kejadian serupa.

"Sementara sudah dilakukan inspeksi terhadap inverter lift dimaksud dan antisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa," ujarnya.

(eva/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT