Bagaimana Jika Ular Masuk ke Dalam Rumah? Ustaz Sarankan Begini

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 05:00 WIB
Ular termasuk hewan vertebrata
Bagaimana jika ular masuk rumah? Langsung dibunuh atau usir lebih dulu? Foto: detikcom/sipa/Pixabay
Jakarta -

Ular sebagai salah satu makhluk ciptaan Allah SWT harus diperlakukan dengan baik. Termasuk saat ular masuk ke dalam rumah yang berisiko membahayakan keselamatan para penghuni.

Menghadapi ular yang masuk ke dalam rumah, Ustaz Adi Hidayat (UAH) menyarankan jangan langsung membunuhnya. Penghuni rumah bisa mengusirnya lebih dulu sehingga ular segera ke luar rumah.

"Coba diusir dulu kalau tidak keluar maka dia kafir (fawakafiru)," ujar Ustaz Adi dalam video berjudul Waspada Kalau Ada Ular di Rumah Ini Penjelasan dalam Hadits.

Dalam video yang ditayangkan channel YouTube Kajian Islam Official, UAH menjelaskan penyebab muslim wajib mengusir ular lebih dulu. Hal ini didasarkan pada perjanjian antara jin dan Nabi Muhammad SAW yang dijelaskan dalam hadits.

"Perjanjian tersebut menyatakan, jin tidak akan menampakkan diri di rumah orang beriman. Jin muslim yang baik tidak ada penampakan. Jin muslim sudah berjanji tidak menampakkan diri dalam bentuk jin," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Karena tidak bisa menampakkan diri dalam bentuk jin, maka dipilih bentuk lain yang memungkinkan. Salah satunya binatang misal ular. UAH kemudian menceritakan kisah terkait ular yang pernah terjadi di zaman Rasulullah SAW.

"Ada sepasang pengantin baru, tiba-tiba yang perempuan ke luar rumah. Sang istri kemudian menjelaskan penyebab dia sampai berada di luar. Setelah mengetahui ada ular, sang suami kemudian memanah ular tersebut," ujar Ustaz Adi Hidayat.

Para sahabat yang mengetahui hal ini mengadukannya pada Rasulullah SAW. Nabi Muhammad kemudian meminta sepasang pengantin tersebut mohon ampun pada Allah SWT. Karena ular yang telah dibunuh ternyata jin muslim yang sedang berada di dalam rumah.

Kendati begitu, seorang muslim bisa membunuh ular tersebut jika tak juga keluar rumah. Hal ini berdasarkan empat pandangan terkait bagaimana jika ular masuk ke dalam rumah berdasarkan hadits. Berikut penjelasannya:

1. Langsung dibunuh

2. Boleh membunuh ular yang masuk ke dalam rumah setelah memberi peringatan tiga kali. Peringatan ini harus dimaknai sebagai upaya untuk mengusir ular

3. Ular yang masuk ke dalam rumah bisa langsung dibunuh jika berlokasi di luar Madinah. Hal sebaliknya dilakukan jika kejadian berlangsung di Madinah. Ular cukup diberi peringatan hingga keluar rumah

4. Tidak dibunuh kecuali ular berbisa, yang antara lain ditandai ekor pendek atau garis putih di punggung.

Dari empat pandangan tersebut yang paling kuat adalah memberi peringatan lebih dulu pada ular yang masuk rumah sebanyak tiga kali. Hal berbeda diterapkan jika yang masuk rumah adalah ular berbisa.

(row/lus)