Satu Kalimat dan Doa untuk Mengusir Setan dari Dalam Rumah

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 17:00 WIB
Young beautiful Muslim Woman Praying In Mosque.
Ilustrasi membaca doa dan salam untuk mengusir setan dalam rumah. Foto: Dok. iStock
Jakarta -

Mengucapkan salam memberi banyak keutamaan bagi manusia. Salah satunya mengusir setan yang tak pernah absen menggoda manusia. Sebagai sesama makhluk ciptaan Allah SWT, setan selau membersamai manusia.

Karena itu seorang muslim disarankan selalu melindungi dirinya dari godaan setan. Dikutip dari buku Mengapa Malaikat dan Setan di Rumah Kita? karya Abu Hudzaifah Ibrahim dan Muhammad ash-Shayim, perlindungan bisa diperoleh dengan mengucapkan salam.

Perlindungan dengan mengucapkan salam telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam haditsnya

ذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya: Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), "Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan." Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), "Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam." Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, "Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam." (HR Muslim).

Hal senada dijelaskan Ustaz Adi Hidayat (UAH) melalui channel YouTube OKT Studio. Setan rumah yang bernama Dasim ini akan menempati ruang kosong saat ditinggalkan pemiliknya.

"Makanya Nabi menyampaikan ketika masuk ke dalam ruangan ada atau tidak ada orang ucapkan salam Assalamualaikum. Kata Nabi saat itu setan akan menyampaikan pada temannya kita tak punya tempat menetap di sini," kata UAH.

Kondisi sebaliknya terjadi bila seorang muslim tak mengucapkan salam. Karena itu menurut UAH tak heran seorang muslim kerap ketakutan di malam hari saat hendak tahajud, padahal baik-baik saja saat siang hari.

Dengan penjelasan ini, UAH mengingatkan tiap muslim untuk selalu mengucapkan salam. Tak masalah jika salamnya tidak dijawab, karena tidak ada orang di rumah atau ruangan yang hendak dimasuki.

Selain mengusir setan, keutamaan mengucapkan salam telah dijelaskan dalam Al Quran surat An Nur ayat 61.

لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَأْكُلُوا۟ جَمِيعًا أَوْ أَشْتَاتًا ۚ فَإِذَا دَخَلْتُم بُيُوتًا فَسَلِّمُوا۟ عَلَىٰٓ أَنفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِندِ ٱللَّهِ مُبَٰرَكَةً طَيِّبَةً ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمُ ٱلْءَايَٰتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Arab latin: laisa 'alaikum junāḥun an ta`kulụ jamī'an au asytātā, fa iżā dakhaltum buyụtan fa sallimụ 'alā anfusikum taḥiyyatam min 'indillāhi mubārakatan ṭayyibah, każālika yubayyinullāhu lakumul-āyāti la'allakum ta'qilụn

Artinya: "Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya."

Semoga kita semua tak lagi lupa mengucapkan salam untuk memperoleh berkah Allah SWT dan mengusir setan.

(row/erd)