Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Rp 7,5 M untuk Korban Erupsi Semeru

Dea Duta Aulia - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 15:45 WIB
Pemprov Kalteng
Foto: dok. Pemprov Kalteng
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menyerahkan bantuan kemanusiaan bencana rrupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dalam acara penyerangan yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Wagub Kalteng Edy Pratowo mengatakan pihaknya turut berduka atas bencana alam erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur.

"Keprihatinan mendalam kami sampaikan kepada warga Jawa Timur, khususnya Kabupaten Lumajang, yang tengah diterpa bencana erupsi Gunung Semeru. Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan seluruh rakyat Kalimantan Tengah, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, semoga amal ibadah seluruh korban diterima di sisi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/12/2021).

Edy menambahkan, bantuan dengan total Rp 7,5 miliar ini diharapkan dapat meringankan beban para korban dan mempercepat proses pemulihan pasca bencana. Ia juga menerangkan, bantuan ini merupakan wujud dari solidaritas Pemprov Kalteng kepada Pemprov Jatim.

"Untuk itu kami mohon kesediaan Ibu Gubernur Jawa Timur atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk dapat meneruskan bantuan ini kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang sebagaimana telah tercantum dalam Berita Acara Serah Terima Bantuan Keuangan yang telah ditandatangani, sehingga bantuan ini dapat segera dipergunakan dalam penanganan bencana erupsi di Kabupaten Lumajang," jelasnya.

Dengan bantuan ini, diharapkan bisa menjadi simbol untuk mempererat persaudaraan dan persahabatan dari kedua daerah. Serta mampu memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Mari kita berkolaborasi bersama-sama untuk membantu saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru," ajaknya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi atas empati dari Pemprov Kalteng.

"Salam hangat kami Pemerintah dan warga Jawa Timur, khususnya warga Kabupaten Lumajang, atas perhatian dan solidaritas saudara-saudara kami di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Bantuan ini mempunyai nilai manfaat yang sangat besar dalam penanganan dampak erupsi. Selanjutnya akan saya teruskan langsung saat ini kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam pemanfaatan dana bantuan secara teknis," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan jumlah terdampak dari cluster-cluster masih dalam pendataan. Infrastruktur yang terdampak di antaranya pendidikan, layanan kesehatan dan yang terdampak paling banyak adalah jembatan. Jembatan Gladak Perak putus padahal mampu menghubungkan Lumajang dan Malang.

"Bupati Lumajang dan kami yang ada di Provinsi Jawa Timur, untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir dan kami bekerja keras untuk itu. Kerja keras kami mendapatkan ruang dan support yang luar biasa dari berbagai daerah dan terutama saat ini dari Provinsi Kalteng. Kami menyampaikan terima kasih dan salam hormat kepada Bapak Gubernur Kalteng beserta jajaran," tutup Khofifah.

(prf/ega)