ADVERTISEMENT

Novel Baswedan dkk Resmi Jadi ASN Polri, Simak Lagi Pesan Kapolri

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 09:45 WIB
Novel Baswedan dkk Resmi Jadi ASN Polri, Simak Lagi Pesan Kapolri
Novel Baswedan dkk Resmi Jadi ASN Polri, Simak Lagi Pesan Kapolri (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Novel Baswedan, eks penyidik senior di KPK, resmi dilantik jadi ASN Polri. Ia dilantik bersama 43 rekannya yang dulu juga bekerja sebagai pegawai di KPK.

Pengangkatan Novel Baswedan dkk sebagai ASN Polri dianggap mampu memperkuat komitmen memberantas korupsi. Berikut rangkuman detikcom seputar pelantikan Novel Baswedan dan 43 eks pegawai KPK sebagai ASN Polri.

Sambutan Kapolri Kepada Novel Baswedan dkk

Novel Baswedan diangkat menjadi ASN Polri bersama 43 eks pegawai KPK lainnya. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan kata sambutan saat pelantikan tersebut di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

"Selamat bergabung. Kita perkuat komitmen dan kebijakan pemerintah dalam rangka menciptakan iklim, budaya, ekosistem antikorupsi," ucap Sigit.

"Sehingga iklim investasi, APBN yang digunakan, dan seluruh rangkaian kebijakan dalam rangka mendukung dan mengembalikan pertumbuhan perekonomian Indonesia betul-betul bisa terlaksana dengan baik," sambungnya.

Kapolri Berencana Ubah Dittipidkor Jadi Kortas

Novel Baswedan bersama 43 rekan lainnya yang dulu bekerja di KPK kini menjadi ASN Polri. Sigit Prabowo mengatakan rencana mengubah Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipidkor) menjadi Korps Pemberantasan Korupsi (Kortas).

"Saat ini kita sedang lakukan perubahan terhadap Dittipidkor Bareskrim Polri yang akan kita jadikan Kortas (Korps Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi). Sehingga di dalamnya berdiri divisi-divisi lengkap, mulai pencegahan, kerja sama, sampai penindakan," ungkap Sigit.

Bergabungnya Novel Baswedan dkk: Memperkuat Pemberantasan Korupsi

Novel Baswedan dkk baru saja bergabung dengan Polri setelah resmi dilantik jadi ASN. Sigit mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pemberantasan korupsi tidak hanya proses hukum. Pencegahan juga harus dilakukan sebagai akar untuk menyelesaikan masalah.

"Dan ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden pada saat pelaksanaan Hakordia tadi pagi, di mana beliau sampaikan pemberantasan korupsi tidak hanya masalah penegakan hukum," kata Sigit.

"Namun harus lebih menyentuh pada hal yang bersifat fundamental menyelesaikan akar-akar permasalahan. Karena itu, sangat penting diperkuat divisi pencegahan dalam pemberantasan korupsi," ucapnya lagi.

Sigit yakin bergabungnya Novel Baswedan dkk ke dalam tim Polri mampu memperkuat organisasi Polri untuk berkomitmen memberantas korupsi di Tanah Air. Hal ini didasari oleh rekam jejak para eks pegawai KPK tersebut yang tidak perlu diragukan.

"Tentunya dengan kehadiran seluruh rekan-rekan, dengan rekam jejak rekan-rekan yang saya tidak ragukan lagi, saya yakin rekan-rekan akan memperkuat organisasi Polri dalam rangka melakukan pemberantasan tindak pidana korupsi," pungkasnya.

Proses pengangkatan Novel Baswedan dkk sebagai ASN Polri melalui koordinasi sejumlah instansi. Simak informasinya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT