Seragam Baru Novel Baswedan dkk di Polri Saat Hari Antikorupsi Sedunia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 21:58 WIB
Novel Baswedan resmi dilantik menjadi ASN Polri. Ini potret perjalann Novel dari anggota Polri, penyidik KPK dan menjadi ASN Polri.
Pelantikan Novel Baswedan dkk sebagai ASN Polri (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Petualangan Novel Baswedan dan kawan-kawan (dkk) memasuki babak baru. Petualangan memberantas korupsi yang diusung para mantan pegawai KPK itu tetap tidak berubah, hanya 'seragamnya' saja yang berbeda.

Novel Baswedan dkk resmi menyandang status sebagai aparatur sipil negara (ASN) Polri setelah dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hari ini. Pelantikan digelar di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/12/2021).

Ada 44 mantan pegawai KPK yang dilantik sebagai ASN Polri. Dari 44 orang tersebut, Novel Baswedan salah seorang di antaranya. Saat pelantikan, mereka terlihat seragam dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana bahan hitam.

"Kita lantik sesuai Nomor Induk Pegawai 1 Januari 2021. Rekan-rekan resmi jadi pegawai negeri sipil Polri," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit, saat prosesi pelantikan 44 eks pegawai KPK menjadi ASN Polri.

Momen pelantikan Novel Baswedan dkk juga mencuri perhatian. Sebab, pelantikan mereka tepat digelar pada Hari Antikorupsi Sedunia.

"Kami semua ucapkan selamat datang dan selamat bergabung bagi rekan-rekan," ujar Kapolri.

Sebetulnya ada 57 mantan pegawai KPK, yang mendapat tawaran langsung dari Jenderal Sigit, untuk menjadi ASN Polri. Dari 57 orang tersebut, sebanyak 44 orang yang menerima tawaran Kapolri.

Kapolri juga memberikan arahan perdana untuk Novel Baswedan dkk. Simak di halaman selanjutnya.