TransJakarta Buka Rute Baru JIS-Harmoni

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 14:22 WIB
PT TransJakarta mewajibkan penumpang memiliki STRP mulai 12 Juli. Akibatnya, Halte Flyover Raya Bogor yang biasanya ramai kini sepi penumpang.
Ilustrasi TransJakarta (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

PT TransJakarta membuka rute baru, yaitu Jakarta International Stadium atau JIS-Harmoni. Pembukaan rute baru dalam rangka uji coba akses layanan angkutan umum trayek JIS.

"Kami mendukung program pemerintah menyediakan transportasi yang terintegrasi dengan JIS untuk memudahkan masyarakat yang ingin ke JIS," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT TransJakarta Angelina Betris dalam keterangan tertulis, Kamis (9/12/2021).

Hal ini menindaklanjuti Surat Keputusan Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 352 Tahun 2021 tentang Uji Coba Akses Layanan Angkutan Umum Trayek JIS. Betris mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penambahan rute.

"Untuk tahap awal ini kami lakukan sosialisasi terlebih dahulu agar masyarakat terinfo jika ingin ke sana (JIS)," ujarnya.

Rute JIS-Harmoni ini menyediakan dua bus medium, yang akan melayani penumpang pada hari kerja Senin-Jumat pukul 06.00-10.00 WIB dan sore pukul 15.00-21.00 WIB saat peak hour. Bus juga dilengkapi oleh fasilitas tap on bus tarif Rp 3.500 sekali jalan dengan headway 20 menit.

"Rencananya nanti TransJakarta akan menyediakan tiga rute lagi untuk masyarakat yang ingin ke JIS, yaitu JIS-Kebon Jeruk, JIS-Warung Buncit, dan JIS-UKI," jelasnya.

Rute ini sudah terintegrasi dengan lima rute BRT TransJakarta, yaitu Koridor 1 (Blok M-Kota), Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 5 (Kampung Melayu-Ancol), dan Koridor 12 (Tanjung Priok-Pluit).

Berikut Lintasan Rute Jakarta international Stadium-Harmoni:

Berangkat
Halte Transjakarta Harmoni-Jl Ir. H. Juanda-Jl POS-Jl Dr. Sutomo-Jl Gunung Sahari-Jl Underpass Angkasa-Jl HBR. Motik-Jl Danau Sunter Barat-JIS

Pulang
JIS-Jl Danau Sunter Barat - Jl HBR. Motik- Jl Angkasa-Jl Underpass Angkasa-Jl Gunung Sahari-Jl Dr. Sutomo-Jl Gedung Kesenian-Jl Lapangan Banteng Utara-Jl Katedral-Jl Veteran-Halte Transjakarta Harmoni.

(taa/dwia)