Momen Tak Biasa, Petugas Damkar Diminta Sembuhkan Orang Kesurupan!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 13:52 WIB
Personel Damkar Kota Bogor tolong orang keseurupan
Personel Damkar Kota Bogor tolong orang keseurupan. (Foto: dok. Damkar Kota Bogor)
Bogor -

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bogor, Jawa Barat, mendapat panggilan tugas dari masyarakat yang tak biasa. Bukan untuk memadamkan kebakaran, melainkan untuk membantu orang yang mengalami kesurupan.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (7/12) sekitar pukul 18.50 WIB. Petugas Damkar Kota Bogor mendapat panggilan ke Desa Mekar Wangi RT 05 RW 01, Kecamatan Tanah Sereal, Bogor, untuk membantu menyembuhkan orang kesurupan.

"Iya betul. Kejadian itu dari pihak Damkar Kota Bogor menerima telepon dari keluarga yang bersangkutan minta tolong karena ada anggota keluarganya ada yang kesurupan," kata Kabid Damkar dan Penyelamatan Damkar Kota Bogor Mohammad Ade Nugraha, saat dihubungi detikcom, Kamis (9/12/2021).

Saat mendapat panggilan itu, pada pukul 18.55 WIB, Damkar mengerahkan 2 personel ke lokasi. Salah seorang personel yang diterjunkan disebut memiliki kemampuan mengobati orang yang kesurupan.

"Saya juga tidak tahu kenapa mereka kepikiran untuk menelepon damkar, padahal itu urusannya beda, bukan pekerjaan kami. Cuma kebetulan nih dari anggota kami ada yang punya kemampuan itu untuk menyembuhkan orang yang kemasukan. Akhirnya ya kami penuhi permintaan dari pihak keluarga," ucapnya.

Ade mengatakan personel damkar butuh waktu 15 menit untuk membantu warga yang kesurupan itu. Menurutnya, warga yang kesurupan itu langsung sembuh.

"Kurang-lebih sekitar 15 menit ya alhamdulillah sembuh," imbuhnya.

(fas/dhn)