ADVERTISEMENT

Cerita Warga Kebon Pala Evakuasi Barang ke Lantai 2 Saat Rumah Kebanjiran

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 11:39 WIB
Banjir di Kebon Pala, Jaktim
Kondisi banjir di Kebon Pala, Jaktim (Foto: Rakha/detikcom)
Jakarta -

Banjir imbas luapan sungai Ciliwung, merendam rumah-rumah warga di RT 13/RW 04, Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur (Jaktim). Ketinggian air lebih dari 1 meter membuat warga harus mengevakuasi barang-barang ke lantai 2 rumah mereka.

Seorang warga bernama Manih (60) bercerita bahwa pada Sabtu (27/10) dini hari, air dari Kali Ciliwung meluap hingga rumahnya di lantai 1 terendam. Banjir saat itu setinggi pinggang dirinya.

"Sabtu malam banjir se-pinggang sampai siang baru kering. Se-pinggang ya itu masuk rumah lantai bawah. Di luar se-dada," kata Manih saat ditemui detikcom di kediamannya, Senin (1/11/2021).

Akibatnya, Manih beserta keluarganya harus menyelamatkan diri ke lantai 2 rumahnya. Barang-barang berharga yang ada di lantai 1 pun turut dievakuasi ke lantai 2 rumahnya.

"Ya iyalah (dievakuasi) ke atas semua. Bawah itu kan isinya kompor masak-masak gitu. Ya banjir terus rumah panggung juga, emang daerah banjir," ucap Manih.

Menurut Manih, malam tadi pun banjir kembali melanda rumahnya dan warga lainnya. Meski begitu, banjir tadi malam tak terlalu tinggi.

"Malam ini cuma sampai se-mata kaki," ujarnya.

Ketua RT setempat, Sanusi, yang juga tinggal di rumah 2 lantai menjelaskan bahwa dirinya kini dapat lebih bersantai saat banjir melanda. Sebab, kata dia, kebanyakan barang jenis elektronik ada di lantai 2 rumah.

"Ya bedanya kalau sekarang udah santai. Ada banjir juga paling bisa keluar dulu bersih-bersih nggak panik kaya dulu yang harus mindahin barang-barang. Kan kalau TV, kabel-kabel udah ditaruh di lantai 2," kata Sanusi.

Sanusi menyebut banjir tetap menggenangi rumah 2 lantai miliknya saat musim hujan tiba. Banjir akan berdampak parah ketika Kali Ciliwung juga meluap akibat limpahan air dari wilayah Bogor.

"Musim hujan itu pasti banjir. Kalau pun di sini cuma hujan kecil gitu nggak akan banjir. Banjir itu pasti air kiriman dari sungai yang dari Bogor," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT