Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Water Cannon Siaga Depan Gedung KPK

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 07:23 WIB
Gedung KPK dikawal ketat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Foto: Gedung KPK dikawal ketat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri peringatan hari antikorupsi sedunia (Hakordia) 2021 yang akan digelar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Mobil water cannon, mobil barikade hingga mobil anjing pelacak disiagakan di depan gedung.

Pantauan detikcom, pukul 07.00 WIB, Kamis (9/12/2021), anggota polisi dan TNI telah bersiaga di sekitar gedung KPK. Selain itu, juga ada anggota polisi yang dilengkapi dengan senjata laras panjang.

Sementara, akses Jalan Persada Kuningan yang berada depan gedung KPK ditutup. Area sekitar KPK pun disterilkan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan membuka puncak peringatan hari antikorupsi sedunia (Hakordia) 2021. Acara ini akan digelar di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

Gedung KPK dikawal ketat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)Foto: Gedung KPK dikawal ketat (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

"Dijadwalkan Presiden Joko Widodo akan membuka kegiatan tersebut secara langsung," kata Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding kepada wartawan, Rabu (8/12).

Ipi mengatakan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin turut mendampingi Jokowi. Ma'ruf akan hadir dan menutup acara Hakordia ini.

"Demikian juga Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin akan menutup kegiatan secara langsung," ujar Ipi.

Lalu, Ipi menyebut bahwa penyelenggaraan Hakordia besok akan diterapkan standar protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Kegiatan ini juga disiarkan melalui akun YouTube KPK.

(azh/isa)