Sah! Prof Arief Hidayat Resmi Jadi Ketum DPP PA GMNI

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 23:37 WIB
GMNI
Foto: GMNI
Jakarta -

Hakim Mahkamah Konstitusi Prof Arief Hidayat terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPP Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) periode 2021-2026 yang berlangsung dalam Kongres ke IV PA GMNI mulai dari 6-8 Desember 2021 di Bandung, Jawa Barat.

Peserta Kongres dihadiri oleh 34 DPD dan lebih dari 257 DPC se-Indonesia dan tokoh-tokoh alumni GMNi antara lain Guntur Soekarno, Theo Sambuaga, Erros Djarot, Palar Batubara dan lain-lain.

Sebelum dipilih di arena Kongres PA GMNI, Arief Hidayat telah mendapat ijin untuk menjadi Ketua Umum PA GMNI dari Dewan Etik Mahkamah Konstitusi yang ditandatangani Ketua Dewan Etik MK, Prof Ahmad Sodiq serta Anggota, Prof Syafii Maarif dan Prof Soedjito.

Ketua Umum DPP PA GMNI, Arief Hidayat mengatakan sebagai alumni dia sangat bangga karena telah terpilih sebagai Ketua Umum PA GMNI secara musyawarah mufakat serta sesuai dengan demokrasi Pancasila.

Sebagai organisasi sosial independen berbasis intelektualitas, PA GMNI adalah wadah berhimpun para mantan aktivis GMNI yang sejak kelahirannya tanggal 23 Maret 1954 lalu, telah banyak melahirkan kader bangsa yang berkiprah dalam berbagai medan pengabdian. Mereka ada yang menjadi akademisi, guru, birokrat, jaksa, hakim, pengusaha, kepala daerah, anggota DPR/DPRD, menteri, hingga menjadi presiden.

"Saya bangga telah dilahirkan dan dibesarkan dari organisasi yang mendidik dirinya menjadi seorang nasionalis dan Pancasilais ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021).

Pria yang juga lulusan dari Universitas Diponegoro ini juga mengatakan akan menjalankan legacy dari Ketum GMNI sebelumnya. Menurutnya, Ketum GMNI sebelumnya telah menghadirkan legacy yang mampu membawa PA GMNI sebagai organisasi kekuatan sosial dan intelektual.

"Sebagai Ketua Umum yang baru, dirinya akan melanjutkan legacy kepemimpinan Ketua Umum Ahmad Basarah yang sudah berjalan baik ini dan akan membawa organisasi PA GMNI ini sebagai organisasi kekuatan sosial dan intelektual yang dapat memberikan sumbangsihnya untuk memperkokoh sendi-sendi negara Pancasila melalui berbagai medan pengabdian para anggotanya yang tersebar di seluruh wilayah NKRI ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PA GMNI Demisioner Ahmad Basarah mengatakan, cukup bersyukur karena telah menyelesaikan amanat menjadi Ketum DPP PA GMNI. Ia juga merasa senang karena Ketum DPP PA GMNI saat ini telah digantikan oleh seorang negarawan seperti Prof Arief Hidayat.

"Saya yakin dan optimis dibawah kepemimpinan beliau, PA GMNI akan menjadi organisasi yang semakin bermanfaat bagi nusa dan bangsa" tutupnya.

(ega/ega)