Gaji 6 Bulan Ketua MPR Didonasikan untuk Korban Erupsi Semeru

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 23:06 WIB
Bamsoet: Aspirasi Semua Kelompok Terwakili dalam PPHN
Foto: Dok. MPR RI
Jakarta -

Gaji selama 6 bulan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo didonasikan untuk korban erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Adapun gaji tersebut terhitung mulai dari Desember 2021 sampai 6 bulan ke depan.

Ia juga melepas Relawan Empat Pilar MPR RI, GERAK BS, Rescue IMI DKI Jakarta, Pemuda Pancasila, Indian Motorcycle, IMI Mobility Bidang Sosial, GAKESLAB DKI Jakarta, dan Majelis Taklim Baitul Shalihin untuk menyerahkan bantuan bagi para korban erupsi Gunung Semeru.

Bamsoet juga mengajak agar kolega di MPR mau terlibat dalam kegiatan sosial ini guna membantu korban bencana alam. Menurutnya, duka korban erupsi merupakan duka semua masyarakat.

"Saya juga mengajak para kolega di MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD RI, untuk terus terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru, tanpa melihat daerah pemilihan, suku, agama, ras, golongan, maupun partai politik," ujar Bamsoet dalam ketearangannya, Rabu (8/12/2021).

Ia menjelaskan, sesuai imbauan BNPB, sesampainya di Kabupaten Lumajang, para relawan terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan Posko setempat. Sehingga penyaluran berbagai bantuan baik dari segi sumber daya personil, peralatan, hingga bantuan logistik, dapat berjalan secara optimal dan efektif. Selain itu sekaligus menekankan keamanan dan keselamatan para relawan selama berada di lapangan.

Relawan akan menyalurkan berbagai bantuan sosial dari donasi yang terkumpul. Antara lain berupa sembako, masker, selimut, termometer, karpet, matras, pembalut, pampers, pakaian, jas hujan, senter, makanan bayi, susu, gula, kopi, hingga peralatan mandi.

"Bantuan sosial tersebut diharapkan dapat melengkapi berbagai bantuan yang telah dikirimkan oleh BNPB, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Lumajang, Palang Merah Indonesia (PMI), dan berbagai pihak lainnya," tambahnya.

Ia juga turut mengapresiasi langkah BNPB yang dianggap cepat dalam penanganan tanggap darurat erupsi Gunung Semeru. BNPB akan memberikan dana tunggu kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan sedang hingga berat akibat tertimbun abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru.

"BNPB akan membangun kembali rumah warga yang rusak. Selagi menunggu dibangun, BNPB akan berikan dana tunggu kepada warga yang terdampak untuk menyewa rumah sementara selama 6 bulan. Rencana pembangunan saat ini masih menunggu perizinan untuk penggunaan lahan dari pemerintah daerah. Kita harapkan prosesnya tidak memakan waktu lama," pungkasnya.

(prf/ega)