9 Fakta Perkara Prajurit TNI Tega Usir Ibu Mertua

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 22:15 WIB
Video seorang pria anggota TNI AU berlaku kasar kepada ibu mertua yang duduk di kursi roda viral di medsos. TNI AU bertindak atas peristiwa tersebut. (Screenshot video viral)
Foto: Video seorang pria anggota TNI usir ibu mertua viral di medsos. (Screenshot video viral)

- Tidak Ada Tindakan Kekerasan

TNI AU juga sudah mengumumkan hasil pemeriksaan mereka. Salah satu hasilnya, Koptu Mesman tidak melakukan kekerasan terhadap ibu mertua.

"Tidak ada melakukan tindakan kekerasan oleh anggota tersebut," ungkap Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus M Zukri di Pekanbaru, Rabu (8/12/2021).

- Selesai Kekeluargaan

Kasus pengusiran ini berakhir damai. Penyelesaiannya dimediasi oleh atasan Koptu Mesman, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Andi Kustoro.

"Sudah dimediasi oleh Komandan setempat," ujar Marsma Indan, Rabu (8/12/2021).

Namun, anggota DPR termuda Hillary mengaku kecewa karena kasus ini hanya dimediasi. Hillary meminta TNI AU memberi sanksi kepada Koptu Mesman.

"Saya jujur sangat kecewa dengan balasan dari akun resmi AU. Saat staf saya meminta nomor KSAU kepada sesprinya untuk melaporkan juga tidak diberikan. Hanya mediasi saja tidak cukup. Seperti kata Panglima salaman tidak cukup, #SaveNenekEnok," tutur Hillary.

- Menangis bersimpuh

Kasus perselisihan Koptu Mesman dengan ibu mertuanya diselesaikan secara kekeluargaan. Anggota Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, itu bersimpuh meminta maaf kepada mertua hingga istrinya.
Berdasarkan video yang diunggah di akun Instagram TNI AU, @militer.udara, tampak komandan Koptu Mesman hadir dalam mediasi tersebut.

"Ini agak terharu saya nih. Sampai seorang anak yang sudah punya anak, masih diurus juga ibunya untuk menyelesaikan," kata Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, seperti dilihat detikcom, Rabu (8/12/2021).

Dalam mediasi tersebut, turut hadir ibu dan bapak Koptu Mesman. Selain itu, hadir istri dan kakak ipar Koptu Mesman.

Kolonel Pnb Jajang lalu meminta Koptu Mesman meminta maaf serta mencium tangan dari pihak orang tua yang hadir dalam mediasi. Koptu Mesman terlihat sesekali menyeka air mata saat mencium tangan dan bersimpuh meminta maaf kepada orang tua serta ibu mertuanya.

"Jangan lakukan lagi ya, Nak, ya. Aku yang melahirkan kau, yang membesarkan kau. Sifatmu diubah sifatmu. Kami sayang kamu," kata sang ibu sambil mengusap kepala Koptu Mesman.


(zak/isa)