Bantu Korban Erupsi Semeru, Brantas Abipraya Kirim Alat Berat-Logistik

Erika Dyah - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 20:11 WIB
Brantas Abipraya
Foto: Brantas Abipraya
Jakarta -

PT Brantas Abipraya (Persero) menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang dan sekitarnya. Sebagaimana diketahui, erupsi yang terjadi pada Sabtu (4/12) mengakibatkan banyaknya tempat tinggal warga serta kendaraan tertimbun abu vulkanik, sehingga banyak warga yang mengungsi dan menjadi korban jiwa.

Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas mengungkap bantuan yang diberikan pihaknya merupakan bentuk tanggap darurat bencana dari Brantas Abipraya sebagai perusahaan konstruksi milik negara.

"Mulai dini hari Minggu (5/12) hingga saat ini kami masih terus berkoordinasi mengirimkan bantuan untuk saudara-saudara kita, masyarakat yang menjadi korban erupsi. Brantas Abipraya akan terus berupaya menyalurkan bantuan secara merata ke seluruh wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru," ungkap Anas dalam keterangan tertulis, Rabu (8/12/2021).

Anas mengurai beberapa bantuan yang diberikan langsung, antara lain alat berat untuk memudahkan proses evakuasi korban, seperti delapan excavator, satu loader, lima dump truck, tiga buldoser serta dua unit mobil ambulans yang bersiap di lokasi.

Ia menjelaskan seluruh alat berat dan ambulans langsung dikirimkan menuju lokasi dari proyek-proyek Brantas Abipraya yang jaraknya tak jauh dari lokasi bencana, yaitu proyek Bendungan Semantok di Nganjuk, Jawa Timur, proyek Bendungan Jragung di Demak, Jawa Tengah, Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah dan proyek Jalur Lintas Selatan Lot 8 Jarit - Puger di Kabupaten Lumajang.

Selain bantuan alat berat, pihaknya juga mengirimkan bantuan logistik berupa sembako paket lengkap, di antaranya minyak goreng, beras, mie instan, gula, kopi, teh, susu, biskuit, popok bayi, pembalut wanita, masker, air mineral, kasur lipat, perlengkapan mandi, dan obat-obatan.

"Duka warga di Lumajang dan sekitar adalah duka kami, duka kita semua. Keprihatinan mendalam untuk masyarakat yang tengah diterpa bencana. Aksi tanggap ini adalah panggilan dari hati kami untuk membantu saudara-saudara di lokasi sesegera mungkin," jelasnya.

Anas pun mengungkap pihaknya akan terus berupaya menyalurkan bantuan untuk meringankan penderitaan para korban. Ia mengatakan saat ini Brantas Abipraya membuka donasi bagi Insan Abipraya untuk turut membantu masyarakat terdampak melalui Abipraya Peduli.

Menurutnya, seluruh dana yang dikumpulkan akan disalurkan kepada korban dalam bentuk bantuan sembako dan lainnya. Ia menambahkan bantuan juga akan diprioritaskan untuk dapat segera menjangkau posko-posko evakuasi korban.

"Terus bergerak untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru ini adalah bentuk komitmen Brantas Abipraya sebagai BUMN yang selalu ada untuk Indonesia, khususnya hadir untuk masyarakat yang tertimpa bencana, menyalurkan bantuan dan membangkitkan kembali wilayah di lokasi terdampak," pungkasnya.

(ega/ega)