detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: PAM Jaya Bakal Pindahkan Pipa Sumbat Got di Kemanggisan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 17:53 WIB
Salah satu penyebab banjir di RT 01/RW 11, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.
Foto: Dok. Satpel SDA Palmerah, Jakarta Barat.
Jakarta -

PD PAM Jaya telah menerima laporan adanya pipa air minum yang menghambat saluran air atau got di Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Pemindahan disebut akan segera dilakukan.

"Memang terdapat pipa PAM Jaya berdiameter 200 mm yang menutupi saluran got tersebut bersama dengan pipa utilitas lainnya," ujar Direktur Pemasaran PAM Jaya, Syahrul, dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Menurut Syahrul, Palyja selaku mitra penyedia telah berkoordinasi dengan pihak RW 01 Kemanggisan. Pemindahan akan dimulai setelah RW menyelesaikan administrasi berupa surat pemintaan pemindahan kepada Palyja.

"Diperkirakan surat dari RW akan selesai 2 hari ke depan dan bisa segera dilakukan pemindahan," katanya.

Namun PAM Jaya mengaku hanya akan memindahkan pipa yang menjadi tanggung jawabnya. Pipa tersebut berada di tempat paling bawah di antara utilitas lain. Terkait kabel dan utilitas lain yang ikut menyumbat, bukanlah milik PAM Jaya atau Palyja.

"Akan tetapi terkait dengan pipa dari utilitas yang lain di luar tanggung jawab dari PAM dan sudah diinformasikan ke pihak RW setempat," ucapnya.

Diketahui, genangan sering terjadi di kawasan Jl Anggrek Neli Murni 2A Blok C. Selain soal masalah saluran air yang kurang memadai, ternyata ada sumbatan di got. Sumbatan itu berasal dari pipa dan kabel yang melintang di dalam got.

(aik/dnu)