Demo Hari Ini di Jakarta 2021, Berikut 4 Hal yang Harus Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 16:30 WIB
Demo hari ini di Jakarta 2021 kembali berlangsung. Aksi dilakukan di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hingga Balai Kota DKI Jakarta.
Demo Hari Ini di Jakarta 2021, Berikut 4 Hal yang Harus Diketahui (Foto: Wildan/detikcom)
Jakarta -

Demo hari ini di Jakarta 2021 dilakukan di depan gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hingga Balai Kota DKI Jakarta. Adapun tuntutan massa buruh yakni putusan MK terkait uji formil UU Cipta Kerja dan UMK DKI.

Di gedung MK, peserta demo hari ini di Jakarta 2021 bakal menyampaikan surat. Mereka meminta penjelasan MK terhadap keputusannya terkait uji formil UU Cipta Kerja. Sedangkan di Balai Kota DKI, mereka menagih janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait peninjauan ulang UMP DKI.

Lantas, apa saja yang perlu diketahui terkait demo hari ini di Jakarta 2021? Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Demo Hari Ini di Jakarta 2021: Massa Tagih Janji Anies

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menuturkan, demo hari ini di Jakarta 2021 juga berlangsung di Balai Kota DKI. Massa buruh menagih janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait peninjauan ulang UMP DKI.

"Aksi bergeser ke Balai Kota, hanya 1 yang kami minta kepada Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan yaitu menagih janjinya yang secara terbuka sudah disampaikan bahwa UMP DKI akan ditinjau ulang. Selain memperhatikan asas-asas hukum beliau juga menyampaikan asas keadilan. Harapan kami Gubernur DKI Jakarta bapak Anies Baswedan sudah merevisi UMP DKI tahun 2022 dan mengumumkan nilai kenaikan," tutur Said Iqbal.

Sementara itu, pagi tadi sekitar pukul 10.40 WIB, massa buruh menyambangi Balai Kota DKI. Salah satu aliansi yang menggeruduk Balai Kota adalah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) DKI Jakarta sambil membawa sejumlah atribut.

Mereka datang ke Balai Kota dan berorasi beberapa saat sebelum akhirnya meninggalkan lokasi. Demo hari ini di Jakarta 2021 juga diikuti oleh Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (FSP KEP) DKI Jakarta. Mereka berorasi sambil mengkritik Anies yang tak berani menaikkan UMP DKI.

"Hari ini kita kemari, kembali ketemu dengan gedung yang mulia ini, yang di situ ada Pak Anies Baswedan. Mana janjinya tempo hari saya katakan gubernur bencong! Saya nyatakan iya! Karena apa? Apa? Apa Kawan? Tidak berani menaikkan UMP DKI," ujar seorang orator di lokasi.

"Tiap hari kawan-kawan berantem dengan istrinya, betul? Karena kenaikan upah tak seusai prediksi! Kami menantang Gubernur Pak Anies, jangan hanya menge-prank, tapi buktikan secara inkonstitusional PP 36 tidak berlaku," sambungnya.

Demo Hari Ini di Jakarta 2021: Kendaraan Taktis Siaga Disiapkan

Untuk mengawal demo hari ini di Jakarta 2021, sejumlah kendaraan taktis siaga disiapkan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Secara keseluruhan, ada lima kendaraan taktis yang disiagakan kepolisian. Empat kendaraan taktis disiapkan di kawasan Jalan Merdeka dan satu kendaraan disiagakan di depan gedung Mahkamah Konstitusi.

Adapun massa buruh yang ikut demo hari ini di Jakarta 2021 berkisar 50 ribu orang. Mereka yang turun aksi akan menuntut revisi UMP DKI 2022.

"Hari ini ada di berbagai tempat aksinya. Agenda hari ini kita long march ke Mahkamah Konstitusi, kedua ke balai kota dan juga ke Istana. Yang dapat diinformasikan temen-temen KSPI itu ada 10 ribu, hari ini ada sekitar 6 federasi dan dua konfederasi. Totalnya ada sekitar 50 ribu," kata Ketua Umum PP FSP TSK SPSI, Roy Jinto, saat ditemui di lokasi, Rabu (8/12/2021).

Simak kabar lain soal demo hari ini di Jakarta 2021 di halaman berikutnya