Usai Audiensi dengan MK, Massa Buruh Lanjut Demo di Balai Kota DKI

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 16:12 WIB
Demo buruh di depan Balai Kota DKI Jakarta
Demo buruh di depan Balai Kota DKI Jakarta (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Perwakilan buruh yang berdemo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, diperbolehkan masuk ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK) untuk melakukan audiensi. Setelah audiensi dengan perwakilan dari MK, massa aksi dari buruh bergerak menuju Balai Kota DKI Jakarta.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (8/12/2021), buruh mulai long march menuju Balai Kota pada pukul 14.58 WIB. Massa menyalakan flare warna-warni sambil bernyanyi.

"Teman-teman, sekarang kita akan menuju menuju Balai Kota," kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dari atas mobil komando.

Massa aksi tiba di Balai Kota DKI Jakarta pada pukul 15.15 WIB dan langsung melanjutkan orasi di depan Balai Kota. Sekitar pukul 15.30 WIB, perwakilan buruh pun diterima masuk ke Balai Kota untuk melakukan audiensi.

Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan tampak macet karena ada massa buruh. Kendaraan yang akan menuju Jalan MH Thamrin dan Jalan Budi Kemuliaan sementara dialihkan menuju Jalan H Agus Salim.

Saat ini massa aksi memadati ruas Jalan Merdeka Selatan. Imbas hal tersebut, polisi menutup akses Jalan MI Ridwan Rais yang menuju Medan Merdeka Selatan.

Sebelumnya, Said Iqbal mengatakan aksi unjuk rasa di Balai Kota untuk menagih janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar merevisi Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang UMP DKI Tahun 2022.

"Sesuai janji Gubernur di hadapan massa buruh, akan mempertimbangkan sisi keadilan di samping sisi hukum. Beliau berjanji secara terbuka di hadapan media dan massa aksi, merevisi SK Gubernur tentang UMP DKI Tahun 2022. Hari ini kita meminta janji itu," ucapnya.

(fas/fas)