Hasil Analisis Polda Metro, Ternyata Ini Penyebab TransJ Sering Kecelakaan

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 15:00 WIB
Penampakan bus Transjakarta yang terlibat kecelakaan di MT Haryono, Jaktim
Penampakan bus TransJakarta yang terlibat kecelakaan di MT Haryono, Jaktim (dok.Polda Metro Jaya)
Jakarta -

TransJakarta belakangan ini menjadi sorotan karena kerap mengalami kecelakaan lalu lintas. Polda Metro Jaya mengatakan kecelakaan TransJakarta kerap terjadi karena faktor human error.

"Hasil analisis kita terhadap beberapa kecelakaan yang terjadi yang melibatkan TransJakarta karena human error atau kesalahan pihak driver," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa (8/12/2021).

Sambodo juga menyebut ada kelemahan dari sumber daya manusia (SDM) TransJakarta. Kurang ketatnya pengawasan manajemen mengakibatkan seringnya TransJakarta mengalami kecelakaan.

"Harus diakui ada kelemahan dari sisi prosedur keamanan dan keselamatan dari manajemen SDM-nya, human resource-nya. Mereka kurang ketat dalam pengawasannya dan mereka tidak melaksanakan dengan baik," terang Sambodo.

Sambodo merasa prihatin atas kejadian tersebut. Ke depannya, Sambodo menyebut pihaknya akan bertemu dengan pihak TransJakarta untuk membahas antisipasi terjadinya kecelakaan.

"Ini sangat memprihatinkan karena mereka adalah public transport yang jadi kebanggaan Jakarta, ikon Jakarta kan TransJakarta. Jadi seharusnya mereka lebih safety, lebih aman. Hal ini yang nanti akan kami bicarakan dengan manajemen TransJakarta. Setidaknya ke depan supaya angka kecelakaan lantas yang melibatkan TransJakarta," tuturnya.


Tiga Kecelakaan Terbaru

Kecelakaan melibatkan bus TransJakarta kembali terjadi pada Senin (6/12). Sebuah bus TransJakarta menabrak tembok di Halte Puri Beta, Ciledug, Kota Tangerang, karena sopir lupa tarik rem tangan.

"Pada saat kendaraan bus TransJakarta berhenti di depan halte, pengemudi turun dan pengemudi saat itu ingin buang air kecil lupa tidak direm tangan, kemudian kendaraan bus jalan sendiri dan menabrak pagar," kata Kanit Laka Polres Metro Tangerang Kota AKP Dhanar saat dimintai konfirmasi, Senin (6/12/2021).

Tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka akibat kejadian itu. Atas kejadian ini, kaca bagian depan bus TransJakarta retak dan bumper rusak.

Simak video 'TransJakarta Setop Operasi Dua Armada Operator Buntut Kecelakaan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....