Ini Awal Mula Finalis Puteri Indonesia Olvah Berucap Rasis hingga Minta Maaf

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 13:55 WIB
Jakarta -

Finalis Puteri Indonesia 2015 Olvah Alhamid diduga melontarkan ujaran rasis saat berada di Bandara Soekarno-Hatta. Olvah telah memberikan klarifikasi dan meminta maaf atas tindakannya itu.

Tidak disebutkan jelas kapan kejadian itu, tetapi Olvah mengaku baru saja turun dari pesawat. Saat di pesawat, Olvah mengaku sempat mendapatkan perlakuan yang kemudian memancing dirinya untuk berucap rasis seperti dalam video yang viral.

"Di sini saya hanya ingin mengklarifikasi, mungkin teman-teman sudah melihat video viral, yang tentang saya di Bandara Soekarno-Hatta. Dan saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya, sedalam-dalamnya, terhadap apa yang saya bilang dalam video itu. Yang seharusnya saya tidak saya lakukan. Apa pun penjelasan saya di sini tidak membenarkan sikap saya saat itu," kata Olvah dalam video yang ia unggah di akun Instagramnya.

Menurut penuturannya, selama di pesawat ada orang-orang yang terkesan 'jijik' terhadapnya. Hal ini pun membuatnya teringat kembali pada perlakuan rasis yang pernah ia terima di masa lalu.

"Saya sempat di-interview dan saya cerita pernah dibilang monyet di dalam mal sangat mewah di Jakarta. Jujur memberikan luka tersendiri bagi saya. Dan juga sebelum video itu, perlakuan jijik ini, atau perlakuan sikap dari mereka yang kayak gitu sama kami di pesawat saat itu, itu membuat saya terluka lagi," ungkapnya.

Olvah juga bercerita soal pengalamannya ketika menjadi korban perlakuan tidak menyenangkan dari ras tertentu. Bahkan ia pernah diludahi oleh oknum dari ras ini.

"Hanya saja memang di masa lalu saya sering mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan yang menimbulkan luka mendalam terhadap saya. Terutama dari ras-ras tertentu dari Indonesia. Khususnya ras China," tuturnya.

"Saya tiga tahun sekolah di Surabaya, di sana mendapatkan perlakuan yang sangat-sangat tidak menyenangkan. Begitu juga dengan kakak saya. Begitu pula orang tua saya. Orang tua saya pernah berjalan dengan saya di suatu mal, dan kami juga diludahi oleh beberapa orang itu," lanjutnya.


Viral Video Rasis Olvah

Mulanya, video yang berasal dari Story Instagram @olvaholvah itu muncul di sebuah video TikTok dan viral di Twitter. Dalam video tersebut, Olvah tampak baru sampai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dia melihat beberapa penumpang yang juga baru sampai di bandara. Dia lantas menyebut orang-orang yang lewat itu dengan nada rasis.

"Nih, orang-orang ini orang China semua nih. Mereka takut loh, takut ama kita, padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia," kata Olvah dalam video seperti dilihat detikcom, Rabu (8/12/2021).

Tak sampai di situ saja. Olvah juga meneriaki orang-orang itu.

"Hei China... China..., hey hua huh!" ujarnya.