Mencekam Polisi di NTB Evakuasi Warga Saat Banjir Bandang Menerjang

Faruk - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 13:51 WIB
Banjir bandang dan longsor terjadi di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Aksi polisi mengevakuasi warga saat banjir bandang menerjang viral di medsos. (IG Ditlantas Polda NTB)
Banjir bandang dan longsor terjadi di Kabupaten Lombok Barat, NTB. Aksi polisi mengevakuasi warga saat banjir bandang menerjang viral di medsos. (IG Ditlantas Polda NTB)
Mataram -

Banjir bandang dan longsor terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bencana hidrometeorologi itu menyebabkan ratusan rumah rusak, 5 warga tewas, dan 8 orang terluka.

Di balik peristiwa yang terjadi pada Senin (6/12) itu, ada momen seorang polisi yang membantu evakuasi warga saat banjir bandang menerjang.

Proses evakuasi tersebut terekam video warga hingga viral di media sosial. Aksi tersebut mendapatkan respons positif.

Dalam video yang beredar, polisi tersebut menyelamatkan puluhan warga yang terjebak air banjir setinggi pinggang orang dewasa. Polisi bernama Ipda Ridwan itu menuntun warga untuk menyeberangi derasnya banjir.

Tampak proses evakuasi dilakukan dengan hanya menggunakan seutas tali. Ipda Ridwan juga menggendong dan menggotong dua anak kecil di atas punggungnya sambil meniti tali saat menyeberangi banjir.

Ipda Ridwan diketahui adalah anggota Ditlantas Polda NTB. Peristiwa itu terjadi di salah satu wilayah di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Tengah.

"Iya benar itu anggota saya, Ipda Ridwan anggota PJR Ditlantas Polda NTB," kata Dirlantas Polda NTB Kombes Djoni Widodo kepada detikcom, Rabu (8/12/2021).

Djoni mengatakan, pada saat terjadi banjir, dia langsung memerintahkan seluruh anggotanya ke lokasi kejadian, termasuk Ipda Ridwan. Tujuannya membantu warga dan melakukan rekayasa lalu lintas agar pengendara tidak terjebak banjir.

"Pada saat banjir semua anggota lalu lintas saya plotting di tempat-tempat lokasi banjir dengan maksud untuk melakukan pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan serta melakukan rekayasa lalu lintas dengan cara pengalihan arus lalu lintas serta membantu masyarakat evakuasi kepada masyarakat yang terdampak banjir," jelas Ridwan.

Djoni mengaku akan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Ipda Ridwan atas aksi heroiknya yang tidak banyak dilakukan orang lain.

"Anggota saya akan saya berikan reward sudah membantu menyelamatkan masyarakat yang terdampak banjir," ucapnya.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto juga memberikan komentar positif dan apresiasi kepada anggota jajaran Polda tersebut.

"Apresiasi kepada Ipda Ridwan yang dipanggil Redo dengan penuh dedikasi bertaruh jiwa raga untuk menolong masyarakat yang kebanjiran. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Ipda Redwan, Amiin YRA," tutur Artanto.

(jbr/idh)