Kapolda NTB Tinjau Lokasi Banjir-Longsor di Lobar, Pastikan Korban Aman

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 23:36 WIB
Kapolda NTB, Irjen Mohammad Iqbal meninjau lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lombok Barat, NTB.
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal meninjau titik banjir bandang dan tanah longsor di Lombok Barat, NTB. (Dok. Polda NTB)

Di akhir kunjungannya, Iqbal menyerahkan paket bantuan untuk korban banjir bandang. Iqbal mengatakan 2.000 paket sembako telah didistribusikan tak hanya untuk warga Lombok Barat, tapi juga untuk warga Sekotong dan Bima yang juga mengalami bencana banjir.

Sebelumnya, diberitakan banjir dan longsor melanda Kabupaten Lombok Barat setelah diguyur hujan sejak kemarin. Banjir mengakibatkan 2 jembatan rusak.

"Satu unit jembatan putus di Desa Lembah Sari dan 1 jembatan rusak di Desa Meninting," kata Kalaksa BPBD NTB Sahdan dalam keterangannya, Senin (6/12).

Kapolda NTB, Irjen Mohammad Iqbal meninjau lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lombok Barat, NTB.Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal meninjau lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lombok Barat, NTB. (Dok. Polda NTB)

BPBD Provinsi NTB dan tim gabungan langsung berupaya melakukan evakuasi di beberapa titik, antara lain di BTN Bhayangkara Ranjok, BTN Pondok Indah Sesela, dan Desa Kekait.

"Kondisi saat ini air sudah mulai surut sebagian tim gabungan masih melakukan evakuasi korban terdampak. Masyarakat kesulitan sinyal dan listrik mati di lokasi," jelasnya kemarin.

Sahdan mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Lombok Barat dan BMKG terkait perkembangan cuaca. Pemerintah juga terus berupaya memenuhi kebutuhan mendesak bagi para korban banjir.

"Kebutuhan mendesak air mineral, makanan siap saji, terpal dan tenda, selimut, paket sandang," ujar Sahdan.


(aud/jbr)