Kapolda NTB Tinjau Lokasi Banjir-Longsor di Lobar, Pastikan Korban Aman

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 23:36 WIB
Kapolda NTB, Irjen Mohammad Iqbal meninjau lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Lombok Barat, NTB.
Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal meninjau titik banjir bandang dan tanah longsor di Lombok Barat, NTB. (Dok. Polda NTB)
Jakarta -

Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal meminta keamanan dan keselamatan warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor diutamakan. Iqbal mengatakan pihaknya telah mengerahkan seluruh daya dan upaya untuk menanggulangi bencana.

"Sejak kemarin kami sudah melakukan upaya-upaya kemanusiaan kepada masyarakat, baik yang ada di Lombok maupun di Bima. Yang paling utama kami memberikan pertolongan dan pengayoman kepada masyarakat yang terdampak akibat bencana ini," kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Siang tadi, Iqbal meninjau lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat (Lobar). Iqbal mengecek proses pencarian satu lansia yang hilang sempat hilang dan akhirnya ditemukan tewas, H Suri (65).

"Saya berpesan, warga selamat, warga yang luka-luka harus dipastikan aman dan dilayani kebutuhannya, dipenuhi kebutuhannya baik pakaian, makanan, obat-obatan. Semua yang bisa kami lakukan, lakukan yang terbaik agar tak ada lagi jatuh korban jiwa karena kondisi kesehatan menurun," terang Iqbal.

Iqbal menyampaikan, tim SAR gabungan TNI-Polda NTB, Basarnas, dan relawan sejak bencana datang, melakukan proses pencarian korban hilang, evakuasi korban tewas dan luka tanpa henti.

"Dari pagi, kami sudah kerahkan anggota untuk melakukan pencarian korban yang hilang tersebut," ucap dia.

Iqbal menyusuri area bekas banjir bandang yang kini tertutup lumpur setinggi 15-25 cm. Material yang terseret banjir bandang, seperti batang pohon dan ranting kayu, masih berserakan di lokasi.

"Tenda-tenda darurat, dapur umum, pos kesehatan sudah didirikan di beberapa titik banjir di Lombok Barat. Selain itu, sejumlah bantuan juga sudah disalurkan ke warga terdampak sejak kemarin," jelas Iqbal.

"Sejak curah hujan tinggi hingga hari ini, banyak masyarakat yang kita bantu evakuasi menggunakan perahu karet maupun alat SAR lain yang kami miliki," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.