Ma'ruf Apresiasi KPK Terima Penghargaan Manajemen ASN 'Sangat Baik'

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 21:36 WIB
KPK menerima penghargaan sangat baik dalam Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan KASN atas keberhasilan menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN (dok Istimewa)
KPK menerima penghargaan 'sangat baik' dalam Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan KASN atas keberhasilan menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

KPK menerima penghargaan 'sangat baik' dalam Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan ini merupakan apresiasi atas keberhasilan dalam menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN dengan baik.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK Cahya H Harefa mengatakan KPK sejak 2020 telah mengikuti penilaian sistem merit. Proses itu dimulai pada tahap sosialisasi dari KASN, penilaian mandiri, serta verifikasi langsung oleh KASN.

"KPK mendapatkan nilai akhir 362,5 atau masuk kategori Sangat Baik," ujar Cahya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Cahya mengatakan KPK akan mempertahankan prestasi ini dan melanjutkan beberapa rekomendasi yang diberikan. Di antaranya menyusun kebijakan manajemen talenta dan menyusun rencana suksesi sesuai dengan yang tertuang dalam manajemen talenta.

KPK menerima penghargaan 'sangat baik' dalam Anugerah Meritokrasi yang diselenggarakan KASN atas keberhasilan menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN (dok Istimewa)Foto: Dok. Istimewa

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin yang menghadiri acara ini secara daring menyambut baik momentum ini. Ma'ruf mengatakan Anugerah Meritrokrasi ini menjadi bukti konsistensi penegakan atas pengawasan meritrokrasi di instansi pemerintah.

"Ini diharapkan bisa mengakselerasi tercapainya reformasi ASN Indonesia yang merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai reformasi birokrasi." kata Ma'ruf.

Menurutnya, sistem merit harus diterapkan secara konsisten dari rekrutmen ASN, penggajian dan reward, pengukuran kinerja, promosi jabatan, hingga pengawasan.

Sejak 2019 hingga 2021, KASN telah menilai 347 instansi pemerintah. Dari jumlah tersebut, sebanyak 106 instansi telah mendapatkan kategori baik dan 46 lainnya mendapatkan kategori sangat baik.

Pada 2021, KASN menargetkan 100 persen seluruh kementerian/lembaga, 85 persen Pemprov, dan 30 persen kabupaten/kota mendapatkan kategori minimal baik penerapan sistem merit.

Simak Video 'Jateng Ungguli Jatim, Jabar dan DKI Jakarta dalam Anugerah Meritokrasi':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/jbr)