Kabar Terkini Gunung Semeru Lumajang dan Arahan Terbaru Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 16:41 WIB
Kondisi rumah warga yang rusak diterjang guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Curah Kobokan, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur Senin (6/12/2021). Desa yang berada sekitar 15 km dari Lereng Semeru tersebut menjadi desa paling parah yang terkena dampak letusan Gunung Semeru dan sebagian besar rumah di lokasi tersebut runtuh. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/aww.
Kabar Terkini Gunung Semeru Lumajang: Sempat Erupsi-Warga Mulai Bersih-bersih - kondisi salah satu desa terdampak erupsi Semeru (Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta -

Kabar terkini Gunung Semeru Lumajang jadi salah satu yang banyak dicari tahu usai terjadi erupsi beberapa hari lalu. Masyarakat yang tinggal di sekitar harus mengungsi akibat peristiwa pada Sabtu (4/12) pukul 15.00 WIB lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Dia juga meminta segera dilakukan perbaikan infrastruktur dan relokasi rumah yang terdampak erupsi.

Lalu apa saja kabar terkini Gunung Semeru Lumajang? detikcom merangkum ulasan selengkapnya berikut ini.

Kabar Terkini Gunung Semeru Lumajang: Sempat Erupsi Dini Hari

Hari ini Gunung Semeru sempat mengalami erupsi. Erupsi terjadi pukul 02.33 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Selasa, 07 Desember 2021, pukul 02:44 WIB," tulis PVMBG di situs Twiiternya @PVMBG_.

Tinggi kolom abu erupsi teramati hingga ketinggian 1.000 meter. Adapun dalam rekaman seismograf, amplitudo erupsi maksimum 20 mm dan durasi selama 454 detik.

Kabar Terkini Gunung Semeru Lumajang: Jumlah Pengungsi

Pengungsi imbas bencana erupsi Gunung Semeru kini berjumlah 2.004 jiwa. Mereka tersebar di 19 titik pengungsian di 3 kecamatan.

"Terkait dengan perkembangan warga mengungsi, sebanyak 2.004 warga berada di 19 titik pengungsian yang tersebar di 3 kecamatan, antara lain Kecamatan Pronojiwo, Candipuro, dan Pasirian," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

Abdul menyebut jumlah pengungsi terbanyak berada di Kecamatan Candipuro dengan jumlah 1.136 jiwa, Pasirian 563 jiwa dan Pronojiwo 305 jiwa. Warga yang mengungsi itu tinggal sementara di balai desa hingga masjid yang disiapkan sebagai tempat pengungsian.

Kabar Terkini Gunung Semeru Lumajang: Tim SAR Terus Cari Korban

Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian korban tertimbun abu vulkanik Gunung Semeru. Ada tiga regu yang disebar dalam operasi SAR hari keempat.

"Hari keempat operasi SAR, ada 3 SRU (search and rescue unit) beranggotakan dari berbagai instansi dan organisasi relawan," kata Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, I Wayan Suyatna, Selasa (7/12/2021).

Tim SAR gabungan akan dibagi tiga lokasi pencarian, yaitu:

  • Tim SRU 1: pencarian korban di daerah Kajar Kuning dan Curah Kobokan.
  • Tim SRU 2: pencarian korban di daerah Tambang Pasir H Satuhan.
  • Tim SRU 3: pencarian di daerah Kebondeli dan Kampung Renteng.

Terkini, ada lima jenazah yang sudah ditemukan. Mereka ditemukan oleh Tim SRU 1.

"Sekitar pukul 08.10 WIB, tim SAR gabungan menemukan dan mengevakuasi lima jenazah. Jenis kelamin laki-laki. Lokasi penemuan Dusun Curah Kobokan," kata Wayan Suyatna.

Wayan menambahkan, lima jenazah korban yang ditemukan dan dievakuasi, kemudian dibawa ke RSUD dr Haryoto. "Untuk di identifikasi tim DVI," lanjut Wayan.

Kabar terkini Gunung Semeru Lumajang lainnya yaitu terkait kedatangan Presiden Joko Widodo untuk meninjau langsung lokasi terdampak erupsi. Simak di halaman selanjutnya.