Polisi Tegur TransJakarta Tak Lapor Kecelakaan di Pramuka Jaktim

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 12:28 WIB
Tranjakarta tabrak separator busway di Jl Pramuka Jaktim gegara hindari truk mixer
Tranjakarta tabrak separator busway di Jl Pramuka Jaktim gegara menghindari truk mixer. (dok. istimewa)
Jakarta -

Ditlantas Polda Metro Jaya menegur pihak TransJakarta terkait kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta dengan truk mixer di kawasan Pramuka, Jakarta Timur. Pasalnya, pihak TransJakarta tidak melaporkan peristiwa itu ke pihak kepolisian.

"Saya tegur apa pun terjadi peristiwa di jalan itu kan sifatnya kecelakaan lalu lintas, harusnya dilaporkan walau itu sifatnya damai," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Selasa (7/12/2021).

Peristiwa kecelakaan itu terjadi pada Senin (6/11) sekitar pukul 04.30 WIB. Saat itu bus TransJakarta yang baru keluar dari pool menabrak separator jalan.

Argo mengatakan kecelakaan itu bermula saat truk mixer yang berpindah jalur secara tiba-tiba. Bus TransJakarta yang menghindari tabrakan kemudian membanting arah hingga menabrak separator jalan di lokasi.

Tidak ada korban jiwa di lokasi. Pihak pengemudi truk mixer pun bakal melakukan ganti rugi atas kelalaiannya.

Namun, pihak kepolisian menyayangkan sikap TransJakarta yang sempat tidak melaporkan kasus itu ke kepolisian.

"Kita memberikan masukan kalau ada peristiwa kecelakaan harus tetap dilaporkan. Begitu kecelakaan (di kawasan Pramuka) itu buru-buru diberesi. Jadi tidak ada laporan. Makanya kita awalnya nggak tahu," terang Argo.

Peristiwa itu terjadi di Jl Pramuka, Jakarta Timur, sekitar pukul 04.30 WIB. Kecelakaan itu berawal dari truk mixer yang berpindah lajur secara tiba-tiba.

"Jadi ceritanya si truk mixer itu tiba-tiba pindah jalur dari kiri ke kanan. Nah terus TransJakarta menghindar dan tabrak separator itu," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi, Senin (6/11).

Argo mengatakan, saat peristiwa kecelakaan berlangsung, bus TransJakarta tidak sedang membawa penumpang. TransJakarta itu baru saja keluar dari pool.

Dia menyebut tidak ada korban jiwa dari kecelakaan tersebut. Sopir TransJakarta dan truk mixer dinyatakan selamat tanpa mengalami luka.

"Nggak ada luka, nggak ada. Jadi setelah kejadian si pengemudi truk mixer bertanggung jawab penuh dia gantiin. Mobil bodi kanan TransJakarta itu ringsek," ujar Argo.

Simak Video 'TransJakarta Setop Operasi Dua Armada Operator Buntut Kecelakaan':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mae)