Bus TransJ Kecelakaan Berturut, Wagub Minta Rekrutmen Sopir Dievaluasi

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 12:02 WIB
Wagub DKI Riza Patria.
Wagub DKI Riza Patria. (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyoroti rentetan kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta. Dia minta ada evaluasi proses rekrutmen sopir TransJakarta.

"Kami meminta operator-operator yang ada di TransJakarta untuk memastikan sopir-sopir dari pada bus TransJakarta itu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang ada," ujar Riza, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Selasa (7/12/2021).

Riza meminta pola rekrutmen sopir bus TransJakarta diperhatikan. Termasuk kesehatan para sopir harus sesuai dengan aturan dan ketentuan.

"Jadi dipastikan kompetensinya, kemudian kesehatannya itu sesuai dengan aturan dan ketentuan, sehingga ke depan tidak lagi terjadi kecelakaan. Juga pola rekrutmennya kami minta untuk diperhatikan, semua operator yang bertanggung jawab menyiapkan bus dan supir-supir agar memastikan proses rekrutmen sopir-sopir tersebut sesuai dengan ketentuan," sambungnya.

Riza menuturkan menjadi sopir bus TransJakarta bukan hal mudah. Maka dari itu, sopir-sopir tersebut harus memiliki ketelitian, konsentrasi penuh, dan pengalaman.

"Harus mempunyai pengalaman yang cukup karena seperti yang sering kami sampaikan, mengendarai bus TransJakarta itu tidak mudah, karena jalannya lurus membosankan, kiri kanan ada pembatas, jadi jaraknya sangat sempit sekali, butuh ketelitian, konsentrasi, penyelaman yang cukup sehingga terhindar dari kecelakaan," paparnya.

Simak Video 'Pemprov DKI Libatkan KNKT Terkait Kecelakaan Bus TransJakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)