Sinyal Serius Reshuffle dari Pertemuan Jokowi dan Johan Budi

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 09:05 WIB
Jubir Presiden Johan Budi
Johan Budi (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Mantan Juru Bicara Presiden Jokowi yang kini menjadi anggota DPR RI, Johan Budi, bertemu dengan Presiden beberapa hari yang lalu untuk membahas kinerja para menteri. Hal ini dinilai sebagai sinyal serius akan terjadi reshuffle dalam waktu dekat.

"Pengakuan Johan Budi setelah bertemu Jokowi soal kondisi rakyat dan kinerja menteri menjadi sinyal serius tentang kemungkinan reshuffle yang sebenarnya tinggal nunggu waktu," kata Analisis Direktur Eksekutif Lembaga Survei Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, kepada wartawan, Senin (6/12/2021).

"Saya yakin bulan ini paling telat awal tahun pasti ada reshuffle kabinet," jelasnya.

Dosen FISIP UIN Jakarta, Adi Prayitno.Adi Prayitno (Foto: Dok. Pribadi)

Meski begitu, Adi berpendapat Jokowi tidak bisa diintervensi oleh siapa pun terkait reshuffle kabinet. Jokowi dinilai punya preferensi subjektif yang sudah dikalkulasi secara matang.

Bagi Adi, Johan Budi hanya sebatas teman ngobrol biasa Presiden. "Jika pun butuh masukan, tentunya dikomunikasikan dengan partai koalisional pemerintah. Bukan pribadional seperti Johan Budi," tegas Adi.

Sementara itu, Dosen politik Universitas Paramadina sekaligus pendiri KedaiKOPI, Hendri Satrio, mengatakan Johan Budi dapat mempengaruhi keputusan presiden dari sisi integritas menteri.

"Pasti Johan Budi dapat dikatakan mempengaruhi keputusan Pak Presiden dari sisi integritas menteri, mungkin itu yang bisa disampaikan. Jadi kemungkinan masukan-masukan itulah yang diberikan kepada Pak Jokowi masukan kepada integritas kinerja menteri," ucap Hendri.

Hendri SatrioHendri Satrio (Ari Saputra/detikcom)

Seperti diketahui, Johan Budi bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada 1 Desember pekan lalu. Seusai pertemuan, pernyataan Johan Budi tak ada yang menyinggung soal kinerja menteri.

Baru siang kemarin, di gedung DPR, Jakarta, Johan Budi mengaku memberi masukan tentang kinerja menteri kepada Presiden Jokowi dalam pertemuan minggu lalu. Menurut mantan pimpinan KPK itu, pertemuan tersebut bukan yang pertama semenjak menjadi anggota DPR.

"Kalau itu dikaitkan sama saya ketemu Pak Jokowi kemarin, saya sebenarnya ketemu Pak Jokowi, seperti yang sudah saya sampaikan kan silaturahmi dan ini bukan kali pertama saya ketemu Pak Jokowi selama saya di DPR. Saya yang memberi masukan terhadap kinerja kabinet kabinet atau menteri Pak Jokowi," kata Johan Budi kepada wartawan di gedung DPR/MPR, Senin (6/12).

Waketum PAN Dengar Kabar Reshuffle Kabinet 8 Desember!

Terkait isu reshuffle kabinet sebelumnya disampaikan Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto. Yandri mengaku mendengar kabar bahwa reshuffle bakal dilakukan Rabu Pon, 8 Desember 2021.

"Saya dengar juga isunya begitu (Rabu Pon, 8 Desember), katanya, sih," sebut Yandri kepada wartawan di gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (30/11).

Informasi terkini, hingga siang kemarin, Presiden Jokowi belum menyampaikan apa pun ke partai-partai koalisi perihal reshuffle. Tetapi memang, Jokowi tak memiliki kewajiban memberi tahu partai koalisi.

Simak Video 'Temui Jokowi Empat Mata, Johan Budi Bahas Kinerja Para Menteri':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/knv)