Mengemuka Kritik ke Jenderal Dudung Buntut Bicara Agama

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 06:14 WIB
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman
Foto: KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (Dony Indra Ramadhan/detikcom)

Kritik MUI, Minta Dudung Lebih Baik Urusi KKB Papua

Ketua MUI Muhammad Cholil Nafis mempertanyakan maksud Jenderal Dudung tersebut. Dia menyarankan Dudung fokus pada tugas dan kewenangannya sebagai KSAD.

"Saya tak paham apa yang dimaksud, tapi dalam pemahaman saya yang mengikuti hadis, baca hadis kalau orang dikehendaki baik oleh Allah di antaranya adalah orang yang paham agama, bahkan yang mendalami agama," kata Cholil, kepada wartawan, Senin (6/12).

Cholil mengatakan memahami agama memang harus mendalam. Oleh karena itulah dia mempertanyakan maksud Jenderal Dudung.

"Jadi memang memahami agama harus mendalam, kalau lurus-lurusnya. Saya nggak tau apa yang dimaksud oleh beliau itu apa, maka saya tanya apa maksudnya," ucapnya.

Menurut Cholil, Jenderal Dudung sebaiknya fokus pada tugas dan kewenangannya sebagai KSAD. Dia menyebut banyak hal yang harus menjadi perhatian di internal TNI, termasuk kondisi Papua.

"Karena beliau KSAD, maka saya harap beliau fokus pada tugasnya, karena kita bisa melihat Papua masih butuh perhatian khusus, kesejahteraan TNI itu juga perlu diperhatikan, profesionalismenya juga perlu ditingkatkan," ujarnya.

"Saya pikir fokus itu lebih baik, karena agama bukan tupoksinya, bukan wilayahnya, sehingga sering disalahpahami," lanjut Cholil.


(aud/aud)