Begini Persiapan Khitan Massal Anak Berkebutuhan Khusus, Yuk Ikut Bantu!

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 06 Des 2021 19:11 WIB
Kegiatan POTADS bersama anak-anak down syndromme
Kegiatan POTADS bersama anak-anak down syndromme (Foto: Dok. POTADS)
Jakarta -

Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS) akan mengadakan acara khitanan massal yang ditujukan bagi para anak berkebutuhan khusus. Sudah sampai mana persiapannya?

Kegiatan tersebut akan digelar pada Rabu (08/12/2021). Acara tersebut bekerja sama dengan Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (Asdoki).

Amy Soetijpto, perwakilan POTADS mengungkap bahwa ide dari kegiatan ini sudah lama direncanakan. Mereka menggandeng Asdoki dalam kegiatan ini.

"Kita udah lama ngobrol dengan Asdoki, sudah kama. Kita punya ide sudah lama. Asdoki ini memang dia sebenarnya umum, dia sudah terbiasa menangani Anak Berkebutuhan Khusus. Jadi kita namanya enak bekerja samanya, karena mereka udah mengerti," sebut Amy saat dihubungi, Senin (06/12/2021).

Dia menyebut bahwa acara ini akan diselenggarakan di beberapa daerah, seperti Bali, Jawa Tengah, Bandung, Lampung, Medan, Jogjakarta dan Padang. Dia menambahkan bahwa atensi dari para orang tua terbilang cukup tinggi. Karena masing-masing daerah telah memenuhi kuotanya.

"Alhamdulillah banyak. Kita kan memang tadinya kan ada target setiap daerah itu 5 anak saja. Alhamdulillah sampai saat ini yang Jakarta itu udah 30. Terus di daerah semua sudah memenuhi kuota. Jadi kita hampir totalnya 75 peserta," tambahnya.

Kegiatan POTADS bersama anak-anak down syndrommeKegiatan POTADS bersama anak-anak down syndromme Foto: Dok. POTADS

Menurutnya, salah satu kendala yang perlu diperhatikan salah satunya adalah riwayat penyakit bawaan anak tersebut. Ada pula kecemasan mengenai tantrum.

"Anak Berkebutuhan Khusus, khususnya anak down syndrom itu kan memang punya penyakit bawaan seperti jantung, atau penyakit bawaan lainnya, seperti hypherthroid. Ada juga yang ini misalnya mereka suka ada juga tantrum," ujarnya.

Dia juga menyebut dalam kegiatan kali ini, target usia anak yang dianjurkan untuk khitan adalah 6-15 tahun. Namun ada beberapa yang di atas 15 tahun.

"Kemarin kita masang target usia 6-15 tahun. Kita udah targetin umur 15 tahun. Di atas (usia) itu hanya beberapa," jelasnya.

Kamu bisa ikut membantu menyukseskan khitanan anak dengan down syndrome ini lewat berbuatbaik.id. Caranya yaitu dengan berdonasi lewat link berikut ini.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima100% tanpa ada potongan.

Kamu yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Kamu juga bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti juga update terkininya.

Yuk jadi#sahabatbaik dengan#berbuatbaik mulai sekarang dengan berdonasi lewat LINK INI

Informasi lebih lanjut bisa dilihat di situs BerbuatBaik dan ikuti media sosial BerbuatBaik Instagram @berbuatbaikofficial dan Hotline WA: 0823-0823-9111

(imk/imk)