ADVERTISEMENT

Rentetan Kecelakaan TransJakarta 2 Bulan Belakangan Ini

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 06 Des 2021 17:50 WIB
Transjakarta tabrak tembok Halte Puri Beta, Ciledug, Tangerang
TransJakarta tabrak tembok Halte Puri Beta, Ciledug, Tangerang. (dok. istimewa)

2. TransJ di Cililitan

Pada Kamis (2/12), bus TransJakarta menabrak Pos Lantas PGC, Cililitan, Jaktim. Peristiwa itu mengakibatkan seorang petugas TransJakarta yang sedang beristirahat di Pos Lantas terluka.

Tidak hanya itu, kecelakaan mengakibatkan Pos Lantas hancur. Hingga akhirnya bangunan Pos Lantas seluruhnya dihancurkan karena sudah tidak dapat diperbaiki.

3. TransJ di Jalan Sudirman

Kemudian, pada Jumat (3/12) lalu, bus TransJ menabrak separator busway di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, tepatnya di depan Ratu Plaza.

Atas kejadian ini, bagian depan dan sisi kiri bus mengalami kerusakan. Beton separator juga pecah. Sopir bus bernama Ade Setiyono mengaku hilang kendali akibat botol mineral menggelinding ke pedal gas.

"Itu (botol) botol air mineral jatuh. (Botol) air mineral jatuh, udah sih gitu," kata Ade saat ditemui di lokasi, Jumat (3/12).

Ade mengaku tidak dalam kondisi mengantuk. Dia hanya mengatakan saat tengah menyetir tiba-tiba botol air mineral itu menggelinding ke arah pedal gas sehingga dia kehilangan kendali.

"Jadi saya lagi nyetir, gelinding. Kena gas," terang Ade.


4. TransJ di Ciledug

Terbaru, bus TransJakarta menabrak tembok di area Halte Puri Beta, Ciledug, Kota Tangerang. Kecelakaan terjadi akibat sopir TransJ lupa menarik rem tangan.

Kanit laka Polres Metro Tangerang Kota AKP Dhanar mengatakan kecelakaan terjadi pada pukul 09.40 WIB pagi tadi. Kecelakaan bermula ketika sopir turun dari bus untuk buang air kecil.

"Pada saat kendaraan bus TransJakarta berhenti di depan halte, pengemudi turun dan pengemudi saat itu ingin buang air kecil lupa tidak direm tangan, kemudian kendaraan bus jalan sendiri dan menabrak pagar," kata Dhanar saat dimintai konfirmasi, Senin (6/12/2021).

Dhanar mengatakan tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka akibat kejadian itu. Atas kejadian ini, kaca bagian depan bus TransJ retak dan bumper rusak.

"Kerugiannya materi dari bus saja tidak ada korban jiwa," tambahnya.

Terpisah, Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim menjelaskan bus tersebut bernopol B-7422-TGC itu dikemudikan oleh Jumadi. Menurutnya, mobil sudah dievakuasi.

"Menabrak pagar kebun kosong yang ada di sekitar Halte Puribeta. TransJakarta sudah dievakuasi ke pool di Cijantung, Jakarta Timur," bebernya.


(rdp/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT