Kawasan Seminyak Bali Banjir Setinggi Paha Orang Dewasa

Sui Suadnyana - detikNews
Senin, 06 Des 2021 14:05 WIB
Banjir setinggi paha orang dewasa di kawasan Seminyak, Bali. (Sui/detikcom)
Foto: Banjir setinggi paha orang dewasa di kawasan Seminyak, Bali. (Sui/detikcom)
Denpasar -

Kawasan Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali banjir. Kondisi banjir paling parah berada di Jalan Kunti II dan air sempat setinggi paha orang dewasa.

Lokasi banjir tepat berada di depan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung.

"Tadi air sempat sampai setinggi paha, kalau sekarang sudah surut. Kayaknya sudah sekitar 40 cm surutnya," kata karyawan DLHK Kabupaten Badung, Gede Jaya Putra kepada wartawan di lokasi banjir, Senin (6/12/2021).

Menurut Gede Jaya, lokasi ini memang menjadi langganan banjir setiap tahun. Banjir kali ini disebabkan oleh hujan deras yang melanda wilayah tersebut sejak semalam. Akibatnya, air mulai naik sekitar pukul 07.00 WITA.

"Naiknya tadi jam 7 ke atas karena pengaruh tadi malam hujan itu. Ya memang banjir tahunan ini," terangnya.

Menurutnya, banjir yang terjadi kali ini paling parah sejak dirinya bekerja di DLHK. Menurutnya, hal itu bisa dilihat dari banyaknya sepeda motor yang mogok. Ia memprediksi para pengendara sepeda motor nekat menerobos karena jalan lain juga tergenang banjir.

"Sekarang tahun ini lebih banyak (sepeda motor) yang mogok. Semua terjebak banjir, otomatis dia terobos (banjir) ini," kata pria asal Desa Gulingan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung itu.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana (Plt Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung I Wayan Wirya mengatakan terdapat 8 titik banjir di wilayahnya. 8 titik tersebut yakni terdiri dari 7 titik di Kecamatan Kuta dan 1 titik di Kecamatan Kuta Selatan.

Adapun titik banjir di Kecamatan Kuta Selatan yakni berada di Jalan Bypass Ngurah Rai Kelurahan Jimbaran.

Sementara 7 titik di Kecamatan Kuta yakni di Jalan Nakula, Jalan Kunti II Seminyak, Jalan Yudistira Sunset Road, Jalan Tukad Mati, Jalan Dewi Seri, Jalan Campuhan Dewi Sri dan Jalan Dewi Seri 4.

Selain banjir, wilayah Kabupaten Badung, Bali juga mengalami pohon tumbang akibat cuaca ekstrem semalam. Pohon tumbang terjadi di dua titik yakni di Jalan Pantai Munggu Kecamatan Mengwi dan di Desa Subang, Kecamatan Abiansemal.

(nvl/nvl)